Minta pilkades ditunda sekelompok masyarakat datangi Kantor Bupati

by -14 views

MITRAPOL.com, Tobasa – Sekelompok masyarakat desa Pardamean, Kecamatan Ajibata mendatangi kantor Bupati guna menyampaikan tuntutan dan aspirasinya kepada Bupati Tobasamosir.

Sebelumnya mereka telah menyampaikan surat permohonan audiensi kepada Bupati Tobasa sebanyak tiga kali guna melakukan tatap muka dan duduk bersama guna membahas dan meminta penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desanya.

Kedatangan kelompok masyarakat tersebut ke kantor Bupati diterima dan disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Audi Murphy Sitorus didampingi Asisten III, Kadis PMD Henry silalahi, kabag hukum Lukman siagian, kabag humas, langsung mengajak keruang balaidata kantor bupati, Rabu (06/11).

Tujuan mereka datang meminta supaya pemerintah kabupaten Toba Samosir agar menunda pemilihan kepala desa didesanya yang dilaksanakan serentak 5 Desember yang akan datang.

Dalam tuntutannya mereka meminta agar Perbud Nomor 36 Pasal 27 Tahun 2015 Tentang Pilkades dalam persyaratan pencalonan dapat direvisi kembali.

informasi yang dihimpun, didesa mereka 7 bacalon kepdes, akan tetapi di Perbud Nomor 36 diharuskan lima calon untuk persyaratan. sehingga panitia penyelenggara pemilihan kepala desa (P2KD) melakukan seleksi tambahan dengan kriteria salahsatunya di Perbub umurnya lebih muda dari calon lainnya gugur dan memilih usia yang lebih tua berdasar perbub.

Menanggapi aspirasi dan tuntutan masyarakat desa Pardamean, Ajibata dengan meminta penundaan pilkades secara khusus di desa setempat itu, Sekda Tobasa Audy Murphi Sitorus dengan tegas mengatakan tidak ada penundaan dan pembatalan pilkades serentak yang dilaksanakan 5 desember mendatang di 152 desa sekabupaten Tobasa.

Diterangkan Murphy sesuai dengan pertimbangan P2KD telah melakukan tahapan-tahapan dengan berpedoman pada peraturan yang mengatur teknis pilkades.

“Itulah aturan yang ada, yang sudah disampikan kepada masyarakat,” ujarnya.

 

 

Reporter : Abdi. S

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *