Dari 2018 salah satu anggota BPD Desa Sukajadi tidak pernah terima tunjangan, uangnya lari kemana ?

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “Parlemen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya.

Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati/Wali kota, di mana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Bupati/ Wali kota.

Setiap anggota BPD memeiliki tunjangan dan dengan berbeda jumlah tunjangan sesuai dengan jabatan dalam tingkatan BPD.Tunjangan tersebut bisa dicairkan jika turunya anggaran Alokasi Dana Desa(ADD).

Salah satu pengakuan dari salah satu anggota BPD didesa Sukajadi, kecamatan Carita Pandeglang Banten dari semenjak Tahun 2018 sampai sekarang 2019 belum pernah menerima tunjangan BPD sepeserpun.

Informasi dihimpun dari Ade Gojali oleh Mitrapol.com dikediamannya memaparkan bahwa dirinya semenjak dari 2018 belum menerima tunjangan BPD sampai saat ini. (06/11).

Tambah ade, kita seperti orang parlemen kerjanya ,dan saya masih merasa anggota BPD desa Sukajadi, saya merasa tidak menerima surat pemberhentian, dan SK saya jelas turun dari Bupati Tahun 2017, saya masih menerima sekitaran Rp.600.000,00 perbulannya, jika dikalikan 12 bulan sekitaran Rp.7.200.000,00 pertahun dan saya hampi dua tahun tidak menerima tunjangan tersebut uangnya dimana, terang Ade.

Pemberitahuan suatu surat untuk kegiatan BPD belum pernah saya terima, sedangkan saya adalah sekretaris BPD desa Sukajadi, tegas Ade.

Sudah sangat jelas bahwa tugas BPD yaitu meminta keterangan kepada Pemerintah Desa, Menyatakan Pendapat, Mengajukan Rancangan Peraturan Desa, Mengajukan pertanyaan, Menyampaikan Usul dan Pendapat, Memilih dan dipilih; dan Memperoleh Tunjangan, kenapa setiap turunnya tunjangan untuk anggota BPD tidak ada pemberitahuan dari ketua BPDnya, saya juga bingung, tutur Ade.

Uang itu mau diapakan…
Mau disimpan…!?
Kalau misalnya mau dikembalikan? kenapa tidak dari dulu, tegas Ade

Hasil konfirmasi dari Kepala Desa Sukajadi melalui via telepon seluler menerangkan bahwa untuk tunjangan anggota BPD sudah diserahkan semua ke Ketua BPD.

Terang Ray Safriudin, ya pak semua tunjangan untuk anggota BPD sudah dicairkan dan sudah saya tanda tangani silahkan bapak tanyakan lagi sama ketua BPD.

Mitrapol melalui telepon seluler dari Agus Spd, selaku Ketua DPD desa Sukajadi ini membenarkan masih adanya uang dari salah satu anggotanya yang belum diserahkan dan masih ada.

Yah uangnya masih ada, dan sudah dicairkan dari desa, kenapa tidak saya serahkan tolong bapak tanyakan sama yang bersangkutan aktif atau tidak di DPD.

Untuk kelanjutan uang ini masih ada disaya tambah Agus, seperti apa nanti keputusan dari Pemdes Sukajadi, kalau dikembalikan kita akan kembalikan ke Pemdes, tutup Agus.

 

 

Reporter : Royen Siregar

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *