Percepatan pembangunan, Kampung Tias nikmati listrik

  • Whatsapp
Gubernur Kaltara Dr.H.Irianto Lambrie

MITRAPOL.com, Tanjung Selor – Gubernur Kalimantan Utara DR. H. Irianto Lambrie terus melakukan upaya percepatan pembangunan Kaltara dari ketertinggalan diberbagai sektor. Geliat pembangunan Provinsi ke 34 ini semakin dapat dirasakan oleh masyarakat Kaltara tidak hanya dibidang insfrastruktur jalan saja tapi juga dipelbagai sektor lainnya khususnya masalah ketersedian energy listrik turut dirasakan masyarakat di pelosok Desa.

Hal ini dilakukan tidak terlepas dari upaya Gubernur Kaltara untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal dan meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kaltara.

Gubernur Irianto mengakui masih banyak kesulitan yang dialami masyarakat di Kampung Tias. Mulai listrik, air bersih, bantuan usaha dan lainnya. “Persoalan tersebut tak dapat dituntaskan sekaligus. Namun secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah,” kata Irianto.

Salah satu upaya mengatasi keterbatasan energy listrik di Kalimantan Utara pemerintah daerah melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di Kampung Tias, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan.

Sementara itu Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Ferdy manurung Tandulangi mengatakan, PLTS Komunal Kampung Tias memiliki kapasitas 40 kilo Watt peak (Kwp) sehingga mampu melayani 231 pelanggan yang terdiri dari 224 unit pelanggan rumah tangga, 2 unit tempat ibadah, 2 unit sekolah, 1 unit balai pertemuan, 1 unit PAUD dan 1 unit Pustu. Adapun jumlah energi untuk rumah tangga sebesar 300 Watt hour per hari, sedangkan untuk fasilitas umum 750 watt hour per hari. “Untuk pemeliharaan PLTS Komunal sendiri, warga dipungut Rp 50 ribu per bulan,” pungkasnya.

Menurutnya, PLTS Komunal Kampung Tias dibangun melalui APBD 2018 dengan alokasi anggaran Rp 5,19 miliar. Karena itu Pemprov Kaltara melalui Dinas minta agar PLTS dan perangkat pendukungnya bisa dijaga dengan baik bersama oleh masyarakat dan dirawat agar dapat bertahan lama dan bermanfaat banyak bagi masyarakat disini,” jelas Gubernur.

 

 

Reporter : Yusuf. P/Ags T

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *