Hadiri Rakornas, Pemkab Muba dukung penuh prioritas pembangunan Nasional

by -33 views

MITRAPOL.com, Bogor – Percepatan pembangunan nasional yang menjadi fokus Presiden RI Joko Widodo menjadi hal utama yang menjadi prioritas program kerja Pemkab Muba dibawah nahkoda Bupati Muba Dodi Reza.

Hal ini diungkapkan Bupati Muba Dodi Reza saat menghadiri Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda Tahun 2019 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Provinsi Jawa Barat, Rabu (13/11).

“Melalui program-program kerja yang dijalankan selama dua tahun belakangan ini, Pemkab Muba tentu all out mendukung prioritas pembangunan nasional,” ujar Bupati Muba Dodi Reza.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan forum ini merupakan bentuk penyampaian langsung dari visi dan misi presiden kepada daerah. Tito mengatakan pemahaman di tingkat daerah, adalah kunci berjalannya program yang direncanakan pemerintah pusat.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali di sela Acara Rakernas Pemerintah Pusat da RI di sela Acara Rakernas Pemerintah Pusat dan Forkopimda, Rabu (13/11)

“Harapannya visi misi presiden betul-betul lebih clear dan terarah. Ada satu pihak yang punya peran penting untuk keberhasilan visi misi presiden, yakni pemerintah daerah,” kata Tito dalam sambutannya.

Tito mengatakan Presiden Joko Widodo telah memaparkan visi dan misinya untuk lima tahun pemerintahan ke depan. Namun paparan itu belum pernah dilakukan secara langsung di hadapan seluruh unsur pimpinan daerah.

Tito ingin agar lima visi yang dipaparkan Jokowi, mulai dari pembangunan manusia, pendidikan dan kesehatan, melanjutkan infrastruktur, menyederhanakan aturan investasi, dan reformasi birokrasi, bisa benar-benar dipahami. Selain itu keinginan Jokowi untuk mempermudah membuka lapangan kerja, juga harus dipahami di tingkat daerah.

“Hari ini, ada 2.693 orang yang datang di sini, mulai dari kepala daerah, DPRD, Kejaksaan, Polri, juga TNI, dan kami siap mendengar arahan Bapak. Kita semua ingin mendengarkan langsing visi misi untuk lima tahun ke depan,” kata Tito.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan apresiasi atas penyelenggaraan acara rapat koordinasi nasional Indonesia maju pemerintah pusat dan forkopimda tahun 2019. Menurut Jokowi, rakornas ini merupakan yang terlengkap dan terpenting selama ini. Hal itu diungkapkan Jokowi disaat menjadi keynote speaker dengan mengusung tema “Sinergi Pelaksanaan 5 (Lima) Prioritas Pembangunan Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Maju”.

“Rakornas ini sangat penting karena menghadirkan seluruh kepala daerah, sampai unsur forkopimda yaitu DPRD, TNI, polri, sampai kejaksaan,” kata Jokowi.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama Menpora RI Zainudin Amali dan Gubernur Papua Lukas Enembe berbincang tentang PON 2020 yang akan diadakan Papua dan sebelumnya Muba telah menjadi tuan rumah PON 2004

Menurut Jokowi, pertemuan yang menghadirkan seluruh unsur pemerintah daerah tersebut merupakan ide yang cemerlang dan sangat dibutuhkan khususnya dalam hal penyamaan visi pembangunan. “Lima visi pembangunan yang sudah menjadi komitmen harus mampu diimplementasikan dari tingkat pusat sampai daerah,” jelas Jokowi.

Dalam lima visi pembangunan tersebut, selanjutnya Jokowi memfokuskan arahannya pada 2 (dua) agenda besar bangsa Indonesia.

“Dua agenda besar bangsa yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah soal cipta lapangan kerja dan investasi,” ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, bangsa Indonesia perlu segera memperbaiki regulasi dan mengurangi produksi regulasi yang tidak perlu demi meningkatkan investasi dan lapangan kerja. Demi mewujudkan hal tersebut tentunya peran DPRD dan pemerintah daerah harus di optimalkan dengan dukungan polri dan kejaksaan sebagai unsur pengawas serta TNI sebagai garda terdepan keamanan nasional.

Di akhir sambutannya Jokowi menyampaikan agar seluruh unsur pemerintah daerah bersama mengawasi setiap pengambilan kebijakan dan implementasi kegiatan sesuai dengan lima visi pembangunan. “Saya akan melihat ke depan, tentunya sanksi sudah disiapkan bagi pihak–pihak yang melanggar dan tidak patuh aturan,” tukas Jokowi.

 

 

Reporter : Anto

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *