Jelang Pilkada, Mahasiswa Riau Asal Humbahas minta pemerintah netral

by -17 views

MITRAPOL.com, Humbahas Mistar – Menjelang pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah Kabupaten Humbang Hasundutan yang akan dilaksanakan tangggal 23 September 2020, mahasiswa Riau Asal Kabupaten Humbang Hasundutan meminta kepada Aparatus Sipil Negara, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan BPD untuk bertindak Netral.

Kami meminta agar ASN, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan pekerja lainnya yang dibiaya uang negara untuk menjaga etika untuk bersikaf Profesional dengan tidak melibatkan diri terhadap politik praktis. jangan ikut-ikutan dukung mendukung salah satu Bakal calon Bupati, termasuk Bupati saat ini yang rencananya akan mencalonkan kembali. Kami meminta agar fokus bekerja sesuai dengan tufoksi masing-masing, laksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan amanah undang-undang untuk kepentingan rakyat Humbang Hasundutan. Kami meminta jangan menjadi tim pemenangan terselubung dari Bupati yang menjabat sekarang/petahana, demikian dikatan Ganda M Sihite Mahasiswa UNRI Asal Humbang Hasundutan.

Ganda juga menekankan agar seluruh masyarakat ikut berperan aktif mengawasi ke netralan ASN, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan pekerja lainnya yang dibiaya uang negara. Masyarakat harus terlibat aktif mengawasi para ASN yg terlibat atau melibatkan diri menjadi Team dukses dari salah satu Calon, karena mereka digaji oleh negara untuk keperluan rakyat bukan untuk mendukung salah satu calon. Kalau ada ASN, Perangkat Desa dan para kepala desa secara terang-terangan yang memihak kepada salah satu calon yang akan bertarung, Hal itu harus menjadi perhatian kita semua agar terciptanya iklim demokrasi yang sehat dan sesuai dengan praktik asas dari pemilihan umum. Dengan memperhatikan iklim demokrasi yang sehat maka sudah selayaknya ASN, Perangkat desa dan Para kepada desa menjaga netralitasnya sebagai pejabat negara.

Demikian juga kepada Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan agar menjaga etika politik dengan tidak mempolitisasi ASN, Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD, biarkan mereka bekerja sesuai dengan tupoksi yang diatur undang-undang. ASN, Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD tidak perlu takut dengan intimidasi-intimidasi yang dilakukan oleh balon atau oknum-oknum yang merasa dekat dengan Bupati atau Calon karena undang-undang telah menjamin anda untuk bersikat netral dan tidak terlibat politik praktis. Undang-ndang dengan tegas melarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada/Pileg/Pilpres. Dengan adanya ketentuan itu ASN dituntut untuk tetap profesional dan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Negara ini membutuhkan orang orang jujur. Maka dalam hal ini ASN, Kades, perangkat desa, Balon kepala Daerah, dan masyarakat humbang hasundutan mari menciptakan budaya dan iklim demokrasi yang sehat dan jujur. Demokrasi yang berdasarkan pada ide dan gagasan akan kesejahteran bersama. Khususnya kepada ASN dan kades dan perangkatnya di Humbang Hasundutan dibutuhkan keinginan yang kuat untuk mandiri dan tidak mudah dipengaruhi oleh pihak manapun atau oleh siapapun (netralitas), Karena ASN, Kades yang kuat dan mandiri dari intervensi politik, akan menjadi daya ungkit yang luar biasa dalam peningkatan efektivitas kinerja pemerintahan yang akan datang. Ganda Sihite juga menyampaikan keprihatinan nya seperti yg terjadi pada Pileg yg lalu, diduga banyak Masyarakat harus memilih seseorang di bawah tekanan dari pihak tertentu.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh elemen di humbang hasundutan pada pesta demokrasi yang akan berlangsung pada Tahun 2020 mendatang, mampu menciptakan budaya demokrasi yang berlandaskan Pancasila. Kita jadikan Pancasila sebagai pedoman untuk menyambut pilkada pada tahun 2020,. Karena dengan pancasila dapat mempersatukan untuk perubahan dan kemajuan HumbangHasundutan. Gotong Royong untuk Humbang Hasundutan yang lebih baik dan inovatif.

 

 

Reporter : FP

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *