Kadis Pomar Mabes AL kunjungi wilayah perbatasan

by -12 views

MITRAPOL.com, Sebatik Kalatara – Kepala Dinas Pembinaan Maritim (Kadis Pomar) Mabes AL Brigjen Donar Philip Rompas mengunjungi Wilayah Perbatasan Indonesia Malaysia di pulau Sebatik didampingi beberapa pejabat tinggi Angkatan Laut baik dari Lantamal Tarakan, Danlanal Nunukan serta sejumlah Perwira, Rabu (13/11). setelah sampai di Pulau Sebatik, rombongan langsung meninjau Patok III.

Kegiatan dilanjutkan dengan tatap muka bersama para Prajurit Angkatan Laut dari Marinir serta warga Sebatik yang memadati Gedung Aztrada 88, tempat pelaksanaan Bakti Sosial Khitanan masal dan pembagian sembako serta kegitan lainnya.

Menurut Brigjen Donar Philip Rompas, kegiatan Dinas Pembinaan Potensi Maritim Penyelenggaraan di wilayah Pesisir, tidak lain dalam rangka mendukung Pertahanan Negara yang dilaksanakan di Sei Nyamuk Sebatik Timur Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

 

Kegiatan ini mempunyai dampak penting bagi kedaulatan negara, mempunyai faktor pendorong bagi peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat disekitarnya punyai saling keterkaitan yang saling mempengaruhi dengan kegiatan yang dilaksanakan di wilayah lainnya di Republik ini.

 

Mempunyai dampak terhadap kondisi pertahanan dan keamanan baik dalam skala regional maupun nasional berkaitan dengan hal tersebut dalam rangka pelaksanaan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang dilaksanakan oleh TNI angkatan laut.

Dengan penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan wilayah pesisir di Pulau Sebatik sebagai upaya dalam mendukung program pembangunan daerah perbatasan dengan pendekatan kesejahteraan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat setempat dan pendekatan keamanan.

yang diperlukan guna terciptanya stabilitas politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan sehingga memungkinkan terwujudnya masyarakat Indonesia di perbatasan yang memiliki wawasan kebangsaan cinta tanah air dan peningkatan kesejahteraan.

dengan siapa kita juga tidak bisa memilih lagi menjadi orang kaya atau orang miskin tetapi kita bisa tentukan pilihan kita untuk setia kepada siapa yang tentunya kita bisa memilih untuk mencintai negara sendiri dalam negara kesatuan republik Indonesia perlu ditingkatkan dengan menghargai dan mencintai produk dalam negeri sebagai salah satu wujud nyata adanya rasa nasionalisme yang dimiliki oleh seseorang kepada bangsa dan negaranya.

hal tersebut harus diwujudkan oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga perbatasan agar setiap dari kita dapat menyadari bahwa rasa cinta dan bangga terhadap tanah air dapat dibuktikan dari hal yang kecil sekalipun membangkitkan rasa nasionalisme kebangsaan tidak hanya dilakukan dengan hal-hal yang bersifat kan dan idealis tetapi juga kita dapat berusaha berjuang di bidang masing-masing dan memanfaatkan hasil hasil kekayaan dari sumber daya Nasional Indonesia.

Penyelenggaraan pemberdayaan wilayah pertahanan di pesisir kita laksanakan sejak 3 hari yang lalu dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 13 November 2019. Dengan beberapa kegiatan yakni sosialisasi atau penyuluhan kemudian ada pelayanan kesehatan dan khitanan massal dan penanaman mangrove serta pembersihan pantai yang sudah kita laksanakan beberapa hari yang lalu.

Selain itu dilaksanakan penyerahan bantuan serta pemutaran film dokumenter profil TNI Angkatan Laut dan diskusi pembangunan karakter bangsa nasional atau karakter building.

kegiatan ini diharapkan tidak berhenti sampai disitu saja namun pemerintahan daerah yang dapat meningkatkan lanjuti secara kesinambungan kegiatan ini dan kepada masyarakat nyalakan dapat melanjutkan apa yang sudah kita mulai dengan mempertahankannya dan bila perlu lebih ditingkatkan lagi.

Kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan diri baik itu dari pemerintahan daerah masyarakat dan tokoh agama dan banyak banyak terima kasih semoga kerjasama yang telah kita dapat terus kita pertahankan dan tingkatkan demi Indonesia maju, pungkas Brigjen Donar Philip Rompas dihadapan ribuan warga Sebatik.

 

 

Reporter : Yusuf. P

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *