Satpol PP Provinsi Kaltara gelar penyuluhan bahaya narkoba

by -11 views

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Utara menggelar penyuluhan tentang pencegahan penyakit masyarakat bagi generasi muda. Selasa (12/11) di Hotel Fortuna Nunukan Kaltara.

Hadir sebagai narasumber dari Polres Nunukan Ipda Agus Suyono, SH, dari Dinas Kesehatan dr Adi, dari BNNK Nunukan Murjani Salat, hadir juga Camat Nunukan Ahmad didampingi Hozali, SH Kabid Perda Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Utara.

Acara penyuluhan ini diikuti para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nunukan, serta undangan lainnya.

 

Menurut Ipda Agus Suyono SH Kabid Bimas Polres Nunukan, Narkoba adalah salah satu obat yang bekerja secara selektif pada susunan syaraf pusat dan mempunyai efek utama terhadap aktivitas mental dan prilaku terhadap penguna.

Selain itu Narkoba merupakan salah satu zat kimia yang apa bila masuk kedalam tubuh baik secara oral, diisap, dihirup maupun melalui suntikan dapat mempengaruhi pikiran dan suasana hati peraadaan dan prilaku seseorang .

Minuman Keras (Mirasa) adalah minuman yang mengandung Alkohol, manakalah dikonsumai secara berlebihan dan terus menerus dapat merugikan dan membahayakan kesehatan baik jasmani maupun Rohani.

Sementara menurut Drs. Murjani Salat Kasih Pencegahan dari Badan Narkoba Nadional (BNNK) Kabupaten Nunukan, saat ini Indonesia dalam keaadan darurat Narkoba oleh karena itulah kita mengajak bersama-sama untuk melawan bahaya penyalahgunaan narkoba, mari kita cegah agar kita dan keluarga terhindar dari ancaman narkoba.

Perlu saya jelaskan bahwa sejak Tahun 2018, BNN telah mengungkap sebanyak 46.537 Kasus dan barang bukti yang disita berupa sabu sebanyak 7,81 ton dan ganja sebanyak 151.51 ton .

Menurut data BNN, bahwa pelaku penyalagunaan 27% berstatus pelajar dan Mahasiswa dan ini terus menerus meningkat dari tahun ketahun, oleh itu dibutuhkan peranan penting orang tua dalam mengawasi anak-anak kita selama diluar sekolah.

Selain itu BNN dan kepolisian tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dalam pecegahan penyalagunaan Narkotika, selain itu semua stakeholder berperan dalam membantu pemerintah dalam memberantas narkotika, ujar Murjani.

 

 

Reporter : Yusuf. P

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *