Babinsa Koramil 08/Barumun bersama Dinas Pertanian lakukan penyemprotan padi secara massal

by -17 views

MITRAPOL.com, Padang Lawas – Babinsa Koramil 08/Barumun Kodim 0212/Tapsel Peltu Aspan Rangkuti bekerjasama dengan petugas PHP, PPL dan kelompok Tani Maju Jaya serta masyarakat Petani, melaksanakan kegiatan penyemprotan tanaman padi secara massal untuk atasi serangan hama di Desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas). Kamis (14/11)

Kegiatan penyemprotan secara massal itu dilakukan, akibat dari adanya serangan penyakit blas dan kresek pada tanaman padi milik warga Desa Hasahatan Jae.

Babinsa Koramil 08/Barumun Peltu Aspan Rangkuti mengatakan, pihaknya bersama para petugas pertanian dari Provinsi dan Kabupaten Padang Lawas secara terpadu melakukan kegiatan penyemprotan guna mengendalikan penyakit blas dan kresek dengan menggunakan Nordox.

“Secara terpadu kami akan bekerja keras bersama-sama melakukan penyemprotan, untuk saat ini kita gunakan obat semprot nordox, di lahan padi yang sudah terindikasi adanya penyakit blas dan kresek sebagai antisipasi menurunnya hasil panen dan bahkan terjadi kegagalan panen,” ujar Aspan.

“Kami sangat berharap kepada para petani, untuk tetap berkomunikasi dan bekerjasama dengan Babinsa, agar para Babinsa bisa ikut turun langsung kesawah bersama-sama kalian untuk meningkatkan upaya khusus Pajale, hal ini sudah menjadi bagian tugas pokok TNI sebagai pendamping pertanian,” harap Aspan.

Pada hari yang sama, sebelum melakukan kegiatan penyemprotan massal, Babinsa Koramil 08/Barumun bersama petugas Dinas Pertanian, melaksanakan sosialisasi kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas hasil produksi pertanian serta dengan melihat secara langsung kondisi tanaman padi yang terserang penyakit blas dan kresek tersebut.

Dengan adanya berbagai upaya yang dilaksanakan oleh TNI, Dinas Pertanian, Petugas PHP, petugas PPL dan masyarakat khususnya para petani ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil panen para petani yang ada di wilayah Padang Lawas. Program peningkatan swasembada pangan dapat terwujud.

 

 

Reporter : MS. Hasibuan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *