Diskusi Forum A1, membangun infrastruktur membangun peradaban Indonesia maju

by -61 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Mengusung tema “Makmur dan Terhubung Berkat infrastruktur”, Forum A1 menggelar Diskusi yang diadakan di Restoran Sen’bu Rasa, Menteng, Kamis (14/11) dengan menghadirkan narasumber spesial Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menjawab pertanyaan yang beredar di masyarakat : kenapa pemerintah fokus membangun infrastruktur?

Dalam diskusi yang berlangsung santai ini, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah Indonesia secara besar-besaran bukan hanya sekadar membangun beton saja, tetapi juga membangun peradaban baru untuk negara Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo mengakui bahwa membangun infrastruktur merupakan pekerjaan dengan tantangan besar, mengingat skor daya saing infrastruktur negara kita sudah jauh tertinggal dengan negara-negara lain. Namun, pemerintah harus berani mengambil resiko, karena infrastruktur penting sebagai pondasi negara untuk bisa berkompetisi dengan negara lain.

Oleh karena itu, Presiden mengatakan bahwa lima tahun ke depan pemerintahan Joko Widodo Ma’ruf Amin akan melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan tak hanya berhenti sampai di situ saja, tetapi juga akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Pembangunan infrastruktur akan mulai dihubungkan dengan kawasan-kawasan yang ada di sekitar, mulai dari kawasan produksi, kawasan pertanian, kawasan nelayan, kawasan wisata, hingga nantinya muncul kawasan-kawasan ekonomi baru dan menciptakan lapangan kerja baru.

Begitulah konsep di balik pembangunan infrastruktur dan perhubungan dari pemerintah selama lima tahun ke depan, yang nantinya akan terjadi sebuah pemerataan ekonomi yang sesuai dengan cita-cita bangsa, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ketika pembangunan Infrastruktur bisa diselesaikan secepat-cepatnya, serta pembangunan sumber daya manusia dapat dilaksanakan, sehingga indeks daya saing kita semakin baik, sehingga kualitas SDM Kita meloncat naik, baru negara kita akan betuI-betul bisa lepas landas menuju era Indonesia Maju.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dalam lima tahun ke depan akan ada 2500 km jalan tol baru di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur ini bukan untuk ‘wah wah-an’, tetapi untuk mengejar ketertinggalan dengan negara-negara tetangga. Basuki pun mendeskripsikan bekerja dengan Presiden Joko Widodo dengan tiga kata, yaitu ‘nikmat, deg-degan, dan terukur’.

Bagi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bekerja dengan Presiden Joko Widodo digambarkan dengan ‘menantang, gembira, dan optimis’. Menurut Budi Karya Sumadi, Pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) dan LRT (Lintas Rei Terpadu) yang dilakukan pemerintah sudah menjadi tantangan tersendiri baginya. Presiden Joko Widodo kerap kali memberi tantangan besar dalam pembangunan infrastruktur perhubungan kepadanya, dan tantangan tersebut memacu adrenalin untuk dapat diselesaikan.

 

Ibu Kota Baru Wujud Indonesia Baru

Pembangunan infrastruktur dan perhubungan pun yang menjadi latar belakang pemindahan ibu kota negara. Menurut Presiden Joko Widodo, pembangunan ibu kota baru akan menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar. Pemerintah ingin ibu kota baru ini jadi titik pertumbuhan ekonomi baru juga. Tidak hanya pindah tempat semata, tetapi juga pindah pola pikir dan pindah budaya kerja.

Pada diskusi ini Presiden Joko Widodo juga menjelaskan bahwa nantinya ibu kota baru akan menjadi compact city, sekaligus juga smart city dan green city. Pembangunan infrastruktur dan perhubungan di ibu kota baru tak hanya berwujud gedung pemerintahan, tapi pemerintah ingin ada sebuah peradaban baru dengan disertai pembangunan klaster pendidikan, klaster layanan sosial, dan klaster inovasi teknologi yang berkelas dunia. Ibu kota baru akan menjadi wujud Indonesia yang baru dengan peradaban yang baru pula.

Tentang Inisiator Indonesia adalah sebuah inlslatlf dalam rangka Ikut mlakukan percepatan menuju indonesia yang maju melalui perubahan perilaku, sikap, pola pikir, budaya, dan keterampilan generasi muda. Sebagaimana namanya, organisasi lnl hendak memicu anak-anak muda dan seluruh pelosok Indonesia untuk menjadi Inisiator-lnislator perubahan. Aktivitas yang kami lakukan diantaranya: diskusi Forum A1, program peningkatan keterampilan generasi muda melalui Festival Terampil, dan lain sebagainya.

 

Tentang Forum A1.

Seperti huruf A dalam susunan alfabet dan angka satu dalam deretan numerik, Forum A1 adalah tempat orang-orang dapat mencari dan memperoleh informasi dari sumber paling awal dan utama.

Forum A1 membahas hal-hal yang belum pernah dibahas di forum-forum lain. Narasumber yang hadir dalam Forum A1 adalah orang-orang yang memegang infomasi penting, terpercaya, dan valid, yakni pemangku kebijakan dan pembuat keputusan.

Forum A1 hadir di tengah-tengah maraknya forum yang seolah mengadu sudut pandang optimisme dan pesimisme sehingga cenderung berujung pada perdebatan benar atau salah.

Berbeda dengan forum-forum yang sudah ada, semangat dari Forum A1 adalah memberikan pencerahan optimisme, serta solusi kepada publik untuk melihat suatucoy masalah sebagai harapan serta peluang yang dapat dieksplorasi.

 

 

Reporter : Nursyamsu

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *