Dugaan Korupsi Dana Desa Rp599 juta, Takut “Didemo” Kadis loloskan verifikasi Dana Desa Suka Jaya

by -30 views

MITRAPOL.com, Medan – Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat Desa Kabupaten Batubara, Muhammad Nasir mengatakan, tidak bisa menghambat proses pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Suka Jaya, sebab jika dihambat akan menjadi sasaran demo atau unjukrasa.

“Tau lah Pak, di Batubara, kalau ada yang dihambat-hambat sedikit, langsung didemo,” ujar M. Nasir dalam persidangan di PN Medan, Kamis (14/11), selaku saksi perkara korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) atas nama terdakwa Arifin, Kades Suka Jaya, kec Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Dalam persidangan dipimpin hakim ketua Jarihat Simarmata beragendakan mendengar keterangan dua saksi yakni M. Nasir, yang waktu itu menjabat selaku kadis, sedangkan saksi kedua stafnya, Morsidin Parinduri.

Tugas keduanya, terutama Morsidin sebagai monitoring dan verifikasi non teknis. Hasil monitoring dan verifikasi kedua saksi itulah, sehingga DD tahap II cair padahal DD tahap I masih amburadul, yakni pelaksanaannya masih 50 persen.

Penjelasan M.Nasir tadi menjawab pertanyaan tim Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Batubara dimotori David Prima, namun penjelasan M. Nasir terkait “demo” itu, membuat hakim sedikit gusar.

Pasalnya, jawaban takut “didemo” ada-rada aneh, sebab tugas kedua saksi tergolong cukup penting menyangkut monitoring dan verifikasi untuk pencairan dana desa.

Ujungnya, kedua saksi diperintahkan oleh hakim untuk hadir kembali selaku saksi di persidangan pekan depan, sekaligus membawa berkas-berkas yang dapat memperkuat keterangan keduanya, terkait dengan pencairan DD dan ADD Suka Jaya yang merugikan negara Rp599.524.788.

Dalam dakwaan disebutkan, Kepala Desa Suka Jaya, Arifin (50) diduga tidak melaksanaka beberapa kegiatan pembangunan fisik di Desa Suka Jaya, kec Tanjung Tiram, kab. Batubara yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD).

Dana Desa yang dialokasikan untuk pembangunan Desa Suka Jaya TA 2017, Rp. 1.416.490.788. Dengan rincian, Dana Desa TA 2017, Rp. 819.255.605,00, Alokasi Dana Desa TA 2017 Rp. 597.235.183,00

Nah, berdasarkan Laporan Audit Hasil Perhitungan Kerugian Negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Nomor SR/53/PW02/5.1/2018 tanggal 08 November 2018 disebutkan adanya kerugian negara DD dan ADD Suka Jaya.

Persisnya, dugaan Penyimpangan Pada Penggunaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa pada Desa Suka Jaya Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara TA 2017 yaitu sebesarRp. 599.524.788,00

 

 

Reporter : Zul

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *