Intensitas hujan tinggi, empat kecamatan di Aceh Selatan terendam banjir

by -30 views

MITRAPOL.com, Tapaktuan – Sejumlah gampong di empat kecamatan di kabupaten Aceh Selatan masih direndam banjir hingga Minggu (17/11).

Dalam laporan updatenya yang diterima Mitrapol.com, Minggu (17/11) pagi, Kalak BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan di empat kecamatan yang terendam banjir itu memiliki ketinggian air bervariasi antara 20 hingga 50 cm.

Ia melanjutkan di kecamatan Trumon Tengah banjir merendam gampong Pulo Paya dan gampong desa Teungoh.

Sementara itu di kecamatan Kota Bahagia ketinggian air antara 10 cm hingga 50 cm yang merendam gampong Beutong, Ujong Gunong Cut, Jambo Kepok,Ujong Gunong Rayeuk, Ujong Tanoh dan desa Alur Dua Mas.

Lanjut Kalak di kecamatan Kluet Timur, tinggi air mulai dari 30 hingga 80 cm, yang merendam gampong Lawe Sawah, Lawe Cimanok dan Lawe Buloh Didi.

Di Kecamatan Kluet Tengah air merendam Gampong Malaka, Koto Indarung, Kampung Sawah, Kampung Padang, Pulo Air, Mersak dan Simpang Dua.

“Akibat Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan dengan intensitas Hujan sedang hingga Lebat sejak pukul 15.00 Wib hingga dini hari, banjir menggenangi pemukiman sejak Sabtu (16/11/2019) yang diakibatkan dari luapan sungai dan banjir genangan,” ucap Kalak BPBD Aceh Selatan.

Sementara itu selain banjir, peristiwa tanah longsor juga terjadi di Jalan Lintas Nasional Tapaktuan – Medan yang berlokasi di pegunungan Panorama Hatta.

Banjir juga menimbulkan Kerusakan fasilitas umum diantaranya Irigasi Blang Sikundo Desa Panton Luas KecamatanSamadua, Tebing sungai tergerus air sudah mendekati pemukiman warga Desa Koto Indarung dan Desa Siurai-Urai Kecamatan Kluet Tengah, Tebing sungai tergerus air sudah mendekati Jalan lintas Kecamatan di perbatasan Desa Simpang Dua dan Desa Simpang Tiga Kecamatan Kluet Tengah.

Data sementara yang di data BPBD Aceh Selatan, ada sekitar 645 KK yang terdampak akibat banjir tersebut.

“Hingga Minggu (17/1) pos 08 Kluet Tengah masih melakukan assesment dan pendataan warga terdampak akibat banjir, Pos 06 Trumon melakukan pemantauan berkala di sungai Lae Soraya/Gelombang Kecamatan Sultan Daulat Pemko Subulussalam, Pos 04 Kluet Utara melakukan pemantauan debit banjir yang sudah mulai memasuki pemukiman warga dan melakukan pendataan warga terdampak di Kluet Selatan. dan Tim Pusdalops PB BPBD Kabupaten Aceh Selatan menerima informasi dan membuat laporan terkait kejadian Musibah tersebut,” terang Kalak BPBD Aceh Selatan.

Ia melanjutkan, hingga saat ini belum ada korban dampak banjir yang mengungsi, namun kebutuhan yang sangat mendesak adalah bantuan logistik masa panik, perlu penanganan tebing sungai yang tergerus air di Kecamatan Kluet tengah dan Irigasi di Samadua.

 

 

Reporter: Safdar. S

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *