Layaknya Pilkades, Pemilihan Anggota BPD Desa Sukajadi Dusun II berlangsung meriah

by -64 views

MITRAPOL.com, Pandeglang – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai ‘parlemen’ nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Pemilihan anggota BPD Dusun II di Desa Sukajadi, kecamatan Carita, Pandeglang Banten diselenggarakan meriah dan bisa dikatakan semi pemilihan Kades.

Dari 8 calon anggota DPD yang terpilih hanya 3 orang untuk utusan dari dusun II, ungkap Ray safriudin selaku Kades Desa Sukajadi ke mitrapol.com dilokasi pemilihan anggota BPD, Selasa (19/11).

“Yah ini mah serasa pemilihan kepala desa aja pak, bisa kita liat sendiri TPS nya dikerumunin warga untuk menyaksikan jalannya pemilihan anggota BPD ini,” tutur Ray.

Terang Ray, Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat baik secara dipilih masyarakat langsung.

Untuk Dusun II Desa Sukajadi ini jumlah pemilihnya 342 orang yang diambil dari utusan setiap satu rumah satu hak pilih. Siapapun yang menjadi pilihan masyarakat untuk tiga orang ini mudah-mudahan bisa menjadi utusan menyampaikan aspirasi masyarakat untuk kemajuan desa Sukajadi ini dan bisa benar-benar bekerja sesuai dengan harapan masyarakat, tambah Ray.

Diwaktu bersamaan Marja selaku Sekretaris Panitia Pemilihan BPD di desa Sukajadi ini dilokasi pemilihan menambahkan bahwa pemilihan anggota BPD meriah, aman dan kondusif.

Sekarang ini masih proses pencoblosan, tambah Marja, batas pencoblosan sampai jam 1 siang dan dilanjutkan penghitungan suara. Siapapun dari kedelapan calon ini yang terpilih hanya tiga untuk Dusun II Desa Sukajadi ini bisa menjadi wakil masyarakat, dan besok tanggal 20 November akan dilanjutkan pemilihan anggota BPD untuk dusun I Kp. Cengkara, dan tanggal 21 Novembernya pemilihan untuk Dusun III Kp. Pagedongan, tutup Marja.

 

 

Reporter : Royen Siregar

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *