Lindungi Biota Laut, Mutiara Carita Cottage tanam terumbu karang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang -Kerusakan terumbu karang di Pantai Carita akibat terjangan Tsunami  didepan Mutiara Cottage membuat hasil tangkapan nelayan berkurang drastis. Guna kembalikan ekosistem laut yang rusak, Mutiara Carita Cottage dan team Konservasi melakukan penanaman terumbu karang. Saptu (23/11).

Sebanyak kurang lebih 500 karang di 5 media transplantasi ditanam di perairan yang berjarak 250 meter dari pantai. Bibit terumbu karang diambil di perairan konservasi Desa Sukarame kecamatan Carita, Pandeglang Banten.

Informasi yang dapat dihimpun dari Bambang Irianto selaku Komisaris Mutiara Carita Cottage, jenis karang yang dipilih untuk ditanam adalah karang Jahe karena mudah tumbuh.

Ke-5 media transplantasi yang terbuat dari besi yang didesain itu diangkut dengan menggunakan sebuah perahu nelayan sejauh 250 meter dari tepi pantai ke lokasi yang telah ditentukan di mana setiap media transplantasi seberat sepuluh kilogram itu dibawa ke dasar laut oleh param team konservasi yang menyelam sejauh empat meter, ungkap Bambang Irianto.

Kita berkeinginan untuk melestarikan kehidupan Biota Laut yang sempat rusak akibat Kejadian Tsunami selat Sunda tahun lalu, kalau tidak dikembalikan secepat mungkin yang kasihan masyarakat nelayan, khususnya masyarakat Carita dimana kehidupan masyarkatnya dari hasil pariwisata, dengan itu kita lagi berusaha sebaik mungkin dengan mengembalikan keindahan pariwisata yang sempat rusak akibat bencana kemarin, tambahnya.

Kita sangat kasihan dengan masyarakat di Carita, akibat tsunami selat Sunda tahun lalu mengakibatkan perkembangan pariwisata ber, kita harapkan dengan perawatan Biota Laut ini nelayan akan bisa menghasilkan ikan yang banyak, sekaligus mengelola keindahan alam pantai, khususnya pantai Mutiara Carita Cottage dan jelasnya untuk menggaet para pengunjung dan bisa menjadi pemasukan bagi masyarakat yang rata-rata penghasilannya dipantai, terang Bambang.

Dilokasi penanaman terumbukarang, salah seorang team konservasi yang memang asli warga Carita, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Mutiara Carita Cottage yang telah menanam terumbu karang dan melestarikan Biota Laut.

Berterimakasih banyak kepada Mutiara Carita Cottage, ungkap Arif selaku ketua Konservasi untuk menanam terumbu karang.

Kami dibayar sebagai tenaga penyelam, sebenarnya kamu tanpa dibayar juga sangat merasa senang, tapi yah itulah kelebihan dari Mutiara Carita Cottage, tetap memperhitungkan tenaga kami padahal nantinya hasil dari penlestarian Biota Laut ini untuk kami-kami juga warga Carita, ujarnya,  Saptu, (23/11).

Jenis karang yang lagi kita tanam ulang adalah karang Jahe dimana proses pertumbuhannya sangat cepat,  dan gampang dikembang biakkan, papar Arif.

Hanya harapan kami dari konservasi untuk mengajak masyarakat carita untuk menjaga kebersihan pantai, merawat bersama-sama perkebangan Biota Laut, dimana nantinya juga hasilnya untuk kita bahkan anak cucu kita, tutup Arif.

 

 

Reporter : Royen Siregar

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *