Kala musim hujan, jalan desa Sindang Laut berubah jadi kolam lele dan kobakan kerbau

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Akses Jalan Kabupaten di Desa Sindanglaut, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang  Banten bisa dikatakan kalau dimusim hujan menjadi kubangan kerbau. Pasalnya, jalan penghubung antar kedusunan, desa, kecamatan juga sebagai jalan alternatif ke kecamatan jiput, kabupaten Pandeglang Banten tersebut rusak berat dan dipenuhi air dan seperti kubanagan kerbau dan kolam ikan karena lama tidak adanya perhatian pemerintah kabupaten Pandeglang untuk melakukan perbaikan .

Dari pantauan Mitrapol.com memang benar keadaan jalan Kabupaten di Sindang Laut dimusim hujan ini menimbulkan kobakan-kobakan seperti kolam ikan dan kubangan Kerbau. Sabtu (23/11).

Jalan yang berstatus milik kabupaten itu ditemukan banyak kubangan-kubangan air seperti kolam ikan, dan kerikil serta bebatuan yang menonjol berserakan di badan jalan yang sangat membahayakan para pengendara terutama pengendara roda dua.

Salah satu warga yang sedang melintas di Jalan Sindang Laut ini memaparkankan kekecewaan dan kesedihannya ke Mitrapol.com atas kondisi jalan kabupaten yang seharusnya dibangun oleh pemerintah Kabupaten.

“Sebagai warga kami sangat memimpikan jalan ini diperbaiki dan layak untuk kami lalui setiap hari. Tapi tidak tahu kenapa pemerintah belum juga memperbaikinya padahal sudah lama jalan ini rusak,” ungkap salah seorang Warga Kp.Tangkil(30) kepada Mitrapol.com

Menurutnya, jika musim kemarau jalan menjadi berdebu yang bisa menyebabkan penyakit paru-paru yang bisa terhirup oleh masyarakat. Apabila musim hujan maka banyak ditemukan batuan-batuan licin yang berserakan dibadan jalan, dan akan timbulnya kobakan-kobakan seperti kolam ikan dan kobakan seperti kubangan kerbau,papar warga yang dimana namanya tidak mau disebutkan ini.

“Mudah-mudahan pemerintah secepatnya memperbaiki jalan ini. Sebab sebagai warga kami pun menginginkan jalan yang layak seperti di desa-desa yang lain jika memang tidak mau diperbaiki dijadikan saja jadi kolam ikan,” tuturnya.

Hal senada dikatakan pengguna jalan berkendaraan roda empat untuk mengirim barang ke kp. Durung sangat menyayangkan akan kondisi jalan kabupaten didesa Sindang Laut.

Dengankondisi jalan seperti ini saya merasa rugi atas bensin kendaraan saya pak, inikan saya lagi mengirimkan dagangan sembako untuk warung-warung dikp.Durung, paparnya

Informasi yang dapat digali dari Atan selaku kades Sindang Laut membenarkan dengan kondisi jalan kabupaten didesanya dikala musim penghujan akan timbul kobakan-kobakan air dan batu-batu yang berceceran dibadan jalan.

Terang Atan, yah bapak bisa lihat sendiri keadaan jalan, sebenernya saya selaku kades Sindang Laut tidak memiliki hak untuk membangun jalan Kabupaten dari Dana Desa(DD).

Semua ada tahapan dan aturan anggarannya, melalui musreng kecamatan sudah sering saya ajukan di kecamatannya pak, dan sampai sekarang belum ada perbaikan dari pemerintah kabupatennya, tambah Atan.

Saya mengharapkan perhatian pemerintah kabupaten atas akses jalan kabupten di desa Sindang Laut ini untuk cepat diperbaiki untuk memperlancar perekonomian di desa saya, tegas Atan.

Daerah Sindang Laut adalah tempat Evakuasi jika terjadinya tsunami karena tempat kami adalah dataran tinggi, jika tidak diperbaiki sudah kebayang bagaiman warga yang akan menggungsi dengan kondisi jalan yang seperti ini, masyarakat juga bisa merasakan kenyamanan dan keamanan seperti di desa lain, tutup Atan.

 

Reporter : Royen Siregar

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *