Meski molor, 35 Legislator Mimika resmi dilantik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Papua dalam rangka pengucapan sumpah janji dan peresmian anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 di ruang rapat DPRD Mimika, Senin, (25/11), berjalan molor hingga hampir 3 jam.

Sumpah/janji dan peresmian Legislatif Mimika yang baru, sedianya dilaksanakan pukul 10:00 WIT, namun baru dilaksanakan sekitar pukul 13:10 WIT, lantaran dihujani interupsi dan perdebatan panjang dari anggota DPRD yang lama dan pimpinan sidang Elminus Mom selaku Ketua DPRD yang lama didampingi Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, serta Ketua Pengadilan Kota Timika, Sonny Alfian.

 

Sejumlah anggota DPRD Mimika yang lama meminta kejelasan isi Surat Mendagri yang ditujukan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe untuk memperjelas masa jabatan mereka, anggota DPRD Mimika periode 2014-2019.

Mayoritas dari mereka menyatakan periode DPRD Mimika sebenarnya, baru akan berakhir pada 2020 mendatang, sebab mereka baru dilantik pada 24 November 2015 lalu pasca situasi polemik saat itu.

Salah satu legislator yang ikut interupsi, Yohanis Kibak meminta agar dilakukan skorsing.

“Pimpinan sidang mohon tunjukkan dan bacakan serta jelaskan surat dari Mendagri yang ditujukan kepada Gubernur dan Ketua DPRD supaya semua bisa clear, surat itu harus dibaca dan harus mengerti hukum, kami tidak ingin daerah ini jadi korban,” lanjut Kibak.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng selaku pendamping pimpinan sidang menyebut.

Surat dari Mendagri menjelaskan bahwa masa jabatan anggota DPRD kabupaten/kota adalah lima tahun dan Gubernur telah menerima surat dan mengeluarkan SK Pelantikan anggota DPRD Mimika yang baru.

Mereka juga meminta untuk pimpinan sidang melakukan skors dan dilakukan pertemuan tertutup, namun pimpinan sidang tetap melanjutkan dan melakukan pelantikan Legislator Mimika yang baru.

Sejumlah wakil rakyat yang lama kemudian memilih keluar ruangan, dan sebagian lagi tetap bertahan lantaran ikut dilantik kembali di periode yang baru.

Ketua Pengadilan Kota Timika, Sonny Alfian menjadi pemandu sumpah dan janji anggota legislatif periode 2019-2024 berlangsung khidmat dan lancar.

Usai diambil sumpah dan janji kemudian ditetapkan Pimpinan DPRD Mimika Sementara, yakni Iwan Anwar sebagai ketua DPRD Mimika dari partai Golkar dan Alex Tsenawatme sebagai wakil Ketua DPRD Mimika dari partai Nasdem.

Selama sidang rapat istimewa berlangsung dijaga ketat 800 aparat gabungan TNI/Polri.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *