Konstruksi bangunan RSUD Pratama Nias Barat berpotensi ancam keselamatan warga

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nias Barat – Kepulauan Nias merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan bencana gempa. Sejatinya konstruksi bangunan diwilayah ini mesti dilaksanakan dengan perencanaan yang selektif agar bangunannya tidak menjadi ancaman bagi warga yang memanfaatkannya. Terlebih jika bangunan tersebut milik pemerintah yang berfungsi sebagai tempat pelayanan umum harusnya dibangun dengan perencanaan yang matang karena tidak sedikit uang negara yang digelontorkan demi kepentingan masyarakat banyak.

Pembangunan RSUD Pratama di Nias Barat berlokasi di desa Onolimbu kecamatan Lahomi tampak indikasi yang cukup berpotensi mengancam keselamatan warga yang akan memanfaatkannya nanti. Terlihat dengan jelas tiang-tiang bangunan ini berdiri tanpa ada angkur yang jadi pengait atau penguat dindingnya. Kondisi wilayah kepulauan Nias yang rawan gempa akan dengan mudah merobohkan dinding gedung RSUD Pratama ini.

Anggaran pembangunan gedung RSUD Pratama ini Rp. 29.859.847.100,94,- (Dua Puluh Sembilan Milyar Delapan Ratus Lima Puluh Sembilan Juta Delapan Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Seratus Koma Sembilan Puluh Empat Rupiah) bersumber dari dana DAK Affirmasi Bidang Kesehatan TA. 2019. Penyedia jasa dalam pembangunan gedung RSUD Pratama ini yaitu PT. Maju Gemilang Mandiri. Sementara Konsultan Pengawas oleh PT. Bina Mitra Wahana. Masa pelaksanaan 150 (Seratus Lima Puluh) hari kalender yang dimulai pada tanggal 29 Juli 2019 selesai 25 Desember 2019.

Saat Mitrapol melakukan pemantauan dilapangan, Kamis (21/11), Bobi selaku pengawas lapangan mencoba berkelit dengan penjelasan bahwa pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan Perencanaan dan nanti saat pemasangan dindingnya Angkur dapat disisipkan. Fakta ini harusnya sangat penting menjadi perhatian pemerintah kabupaten Nias Barat karena perencanaan bangunan ini sangat menentukan kenyamanan warga pengguna layanan di RSUD Pratama ini kelak.

 

 

Reporter : Emanuel B

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *