LAKI : Minta Bupati evaluasi kinerja DPMG dan P3MD Aceh Timur

  • Whatsapp
Ketua DPC LAKI Aceh Timur Saiful Anwar

MITRAPOL.com, Aceh Timur – Tahun 2019 merupakan tahun ke empat begulirnya Dana Desa sebagai bagian dari implimentasi Undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, namun pengelolaan DD di Kabulapaten Aceh Timur masih berselamak masalah. Di satu sisi Pemerintah Aceh Timur membangun pecitraan dengan berbagai prestasi.

Carut marutnya pengelolaan Dana Desa di Aceh Timur tentu menjadi tanda tanya besar sejumlah kalangan sangat berbanding terbalik dengan data Indek Desa Mandiri(IDM) tahun 2019 yang dirilis oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong(DPMG) Aceh Timur bahwa Desa Tertinggal turun drastis

DPC LAKI Aceh Timur Saiful Anwar mengatakan, yang paling menohok persoalan Dana Desa di Aceh Timur bukan hanya masalah lemah Sumber Daya Manusia(SDM) pada level perangkat Desa, tapi adanya upaya sistematis dari petugas pendamping Desa sengaja menciptakan pembodohon. Terhadap perangkat desa dengan memanfaatkan kelemahan dalam management administrasi dan teknis, seperti di muat dalam sebuah media PDTI menjadi Predator Dana Desa, ujarnya Minggu (24/11).

Lanjutnya, kasus Desa Suka Damai Kecamatan Pante Bidari Dana Desa TA 2019 gagal tak bisa dicairkan menunjukkan kinerja DPMG Aceh gagal dalam mengatasi masalah, menunjukkan Kadis PMG Aceh Timur sangat lemah dalam mengambil. Kebjikan dan lambat menagani masalah, akibat lemah nya kepemimpinan pada DPMG Aceh Timur telah menyebabkan kerugian bagi masyarakat Suka Damai, dan pemerintahan Gampong Suka Damai lumpuh total, ucapnya.

Sambungnya, belum lagi sejumlah Desa lainnya yang bermasalah, seperti Desa Sah Raja Kec Pante Bidari, Desa Matang Jrok, Kec. Madat Keuchik melarikan Dana Desa ratusan juta, Desa Blang Jambe, Blang Kumahang, Kecamatan Julok, Desa Buket Panjoe Kec Nurussalam, dan sejumlah desa lainnya di Aceh Timur masih menyimpan berbagai persoalan Dana Desa, bebernya.

Saiful menambahkan, bahkan banyak aparatur desa yang menggunakan Ijazah Palsu, banyak permasalahan yang terjadi di Aceh Timur, tapi tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, kami meminta Bupati Aceh Timur jangan tutup mata terhadap permasalahan dana desa, Bupati harus mengevaluasi kinerja DPMG dan Tenaga Ahli P3MD kabupaten Aceh Timur, kami menduga adanya kerja sama antara DPMG dan P3MD untuk melakukan upaya pembodohan terhadap masyarakat, cetusnya dengan nada kesal.

 

 

TIM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *