Harimau mangsa ternak, Danramil 01/BT bersama BBKSDA Wilayah III Padangsidimpuan pasang kamera trap

by -62 views

MITRAPOL.com, Tapanuli Selatan – Menindak lanjuti adanya indikasi seekor Harimau memangsa ternak warga. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah III Padangsidimpuan bersama Danramil 01/BT (Batangtoru) Kapten Czi Pahlawan melakukan pemasangan kamera trap di kawasan perkebunan Desa Perkebunan Hapeson Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Kamis (28/11).

Danramil 01/BT mengatakan, ditemukan empat ekor sapi yang menjadi korban yang diduga dilakukan oleh harimau, “Dari keadaan empat hewan ternak Sapi yang ditemukan itu, kuat dugaan dari gigitan Harimau serta adanya jejak tapak kakinya disekitar kejadian.”

“Kepada warga perkebunan Hapesang dan sekitar untuk tetap berhati-hati saat beraktivitas di kebun,” himbau Pahlawan.

Sementara, Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan BBKSDA Sumut Gunawan Alza menyatakan,

“Lokasi kejadian itu, berada di Desa Perkebunan Hapesong, yang diduga kuat dimangsa oleh binatang buas yakni dua ekor ternak Sapi milik warga sudah dalam keadaan mati dan dua lagi masih sekarat, lalu disembelih,” terang Gunawan.

“Penyerangan dugaan harimau itu terjadi pada Selasa (26/11), sementara laporan warga kami terima pada Rabu (27/11) kemarin. Pihak BBKSDA bersama Makoramil dan Polsek setempat langsung mengirimkan tim ke lokasi untuk menindak lanjutinya, kami berupaya menenangkan warga supaya tidak panik serta meningkatkan kewaspadaan sekaligus melakukan penyelidikan,” kata Gunawan.

“Di TKP ada ditemukan Jejak Harimau, jejak besar Harimau dewasa, sejauh ini diperkirakan satu ekor,” terangnya.

Pesan Gunawan,”Kalau ke kebun jangan sendirian, dan membuat bunyi-bunyian jika mencurigai keberadaan Harimau, kita sama-sama doakan supaya cepat teratasi.”

 

 

Reporter : MS. Hasibuan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *