Kompetisi bisnis pelajar, cetak pelajar berprestasi dan berpenghasilan tinggi

  • Whatsapp
Peserta JakBee Business Proposal 2019 SMAN 57 Jakarta Barat

MITRAPOL.com, Jakarta – Kompetisi Jakarta Baznaz (Baziz) Entrepreneur & Enpowerment (JakBee) Proposal Business Tahun 2019, sebuah ajang kompetisi bisnis yang menampilkan hasil kreativitas dan inovasi para pelajar.

Diadakannya kegiatan ini untuk mendukung pelajar yang ingin mendalami dunia bisnis. Di mana lewat program-program proposal yang disampaikan di ajang kompetisi tersebut dapat memotivasi pelajar untuk bisa belajar berinovasi dan bisa belajar berbisnis.

Harapan ke depannya, entrepreneur muda atau generasi muda di DKI Jakarta khususnya yang masih dalam tahap pendidikan di tingkat SLTP dan SLTA akan terus termotivasi dan tergali. Sehingga mereka bisa belajar berbisnis melalui program-program yang ditampilkandan setelah lulus dari sekolahdapat mengembangkan ilmu bisnisnya.

JakBee Business Proposal diselenggarakan oleh Baznaz (Baziz) DKI Jakarta. Kompetisi JakBee untuk pelajar yang didukung Pemerintah DKI Jakarta ini, pesertanya adalah para pelajar yang ada di 5 wilayah Kotamadya Provinsi DKI Jakarta. Di mana dalam kompetisi ini masing-masing sekolah mengirimkan 3 orang perwakilan untuk mempresentasikan proposal bisnisnya yang dilombakan di tingkat Kotamadya terlebih dahulu. Selanjutnya pemenang akan dilombakan kembali ke tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Untuk proposal bisnis yang dilombakan beragam dan tidak ada batasan seperti digital printing, dari kuliner dan lainnya.

Di Jakarta Barat, sebanyak 60 pelajar SMK/SMA mengikuti kompetisi JakBee Business Proposal yang digelar di ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (27/11).

Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas (Sudis) Pendidikan, Sudis Koperasi dan UKM, serta Sudis Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan melakukan penilaian kepada para peserta yang mengikuti kompetisi ini. Mereka yang menang dalam lomba tersebut akan mewakili Jakarta Barat pada event yang sama tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Koordinator baznaz (Baziz) Jakarta Barat, Khaerul menerangkan Kompetisi JakBee ini diikuti sebanyak 20 tim. Masing-masing tim terdiri dari 3 oramg pelajar SMA/SMK. Mereka bersaing mempresentasikan hasil kreativitas dan inovasi melalui proposal di hadapan dewan juri. “Dari 20 tim tersebut, akan terseleksi menjadi 5 tim terbaik yang akan mewakili Jakarta Barat di tingkat DKI Jakarta. Masing-masing peserta atau tim telah membuat perencanaan bisnis yang di upload melalui media sosial,” paparnya.

Melalui kegiatan ini, Khaerul berharap akan muncul para pelajar yang mampu berinovasi dan belajar bisnis. Sehimgga nantinya tercipta pelaku kewirausahaan baru di masyarakat. “Mudah-mudahan setelah JakBee, bisa menjadi peluang usaha mereka di masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Hal senada juga diucapkan oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteran Rakyat (Adkesra) Jakarta Barat H. Amin Haji yang mengatakan JakBee Business Proposal ini baru kali pertama diadakan di wilayah Jakarta Barat. Dan dijelaskan olehnya bahwa kegiatan ini bertujuan membantu para pelajar yang nantinya bisa menjadi seoramg pebisnis atau pelaku usaha (entrepreneurship).

“Program Baznaz (Baziz) Jakarta tak sekedar membantu kaum mustahik, tapi juga membantu kaum milenial agar sukses menjadi seorang pelaku usaha,” ucapnya.

Ia berharap kompetisi bisnis pelajar ini dapat menampilkan hasil kreativitas dan inovasi yang menghasilkan suatu produk yang dapat bersaing di pasaran. “Saya mendengar, mereka (peserta JakBee) bagus dalam tampilannya di medsos. Tapi bukan sekedar tampilan saja, tunjukan bukti dan isinya yang nantinya bisa dipromosikan. Ini sebuah proses atau tahapan menjadi seorang entrepreneurship, jadi harus yakin dalam mempresentasikan proposal bisnis,” tambahnya lagi.

Kompetisi JakBee Propoisal Business Tahun 2019 selain didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, juga bekerja sama dengan “M Digital”. Dengan mengusung tema “Mencetak Pelajar Berprestasi dan Berpenghasilan tinggi”, kompetisi ini berhadiah total Rp 150 juta, Piala Gubernur, dan Piala Walikota.

 

 

Reporter : madalin

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *