Penguatan Pembelajaran Abad ke 21 dan Revolusi Indusyri 4.0 dengan pemanfaaran Tik bagi Guru

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Nunukan H. Junaidi SH

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan H. Junaidi SH, membuka secara langsung pelaksanaan penguatan Guru Pembelajaran Abad ke 21 dan Revolusi Industri 4.0 dengan Pemamfaatan Tik bagi guru bekerja sama sengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Utara. Kamis (28/11).

Kegiatan yang diselenggarakan di kompleks Pasar Perbatasan jalan Lingkar kelurahan Salisun kecamatan Nunukan kabupaten prov kalimantan utara diikuti oleh ratusan Guru se-Nunukan.

Menurut Dr Jarwoko S Sesuai dengan UU NO: 20/2003 tentang sustem Oendidikan Nasional dan PP NO:19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan “Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah”.

Tujuan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah adalah untuk memastikan penyelenggaraan Pendidikan Dasar dan Menegah oleh satuan Pendidik di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Para guru para peserta kegiatan

Berdasarkan aurat edaran mendikbud No:10/2018 tentang Pemapaatan Rumah Belajar dalam Hal ini LPMP kalimantan utara mengelar Penguatan Pembelajaran Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0

Menurut Jarwoko. M.Pd Kepala LPMP Kaltara bahwa salah satu tugas LPMP Kaltara adalah melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan dasar dan menegah terhadap satuan Pendidikan Dasar dan Menegah dan Satuan Pendidikan Menengah dalam menjamin Mutu Pendidikan.

Guru memiliki potensi yang sangat trategis dalam hal pemanfaatan Tehnologi Informasi dan Komunikasi(TIK) untuk pembelajaran, namun masih banyak Guru yang belum terampil memamfaatkan TIK yang berbasis rumah belajar untuk pembelajaran disekolah.

Diselenggarakan Diklat Pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran abad 21 dan Revolusi Indusyri 4.0 tujuan umumnya adalah untuk meningkatkan kompetensi Guru dan tenaga kependidikan dalam mendayagunakan, mengembangkan dan memanfaatkan Media Pembelajaran dan Rumah belajar.

Sementara tujuan khususnya adalah memberikan fasilitas kepada Guru terkait materi berikut :
1. Pemanfaatan Fortal Rumah belajar.
2. Mengembangkan media berbasis vidio dan berbasis aplikasi Hendphone.

Para guru para peserta kegiatan

Banyak trategis yang dilakukan oleh guru mencerdaskan anak bangsa, olehnya itu guru harus dicerdaskan dan diberikan pelatihan cara mendidik siswa agar siwanya cerdas, pemerintah daerah wajib memberikan pelayanan dan kemudahan serta menjamin terselenggarahnya pendidikan yang bermutu bagi semua warga ingin maju dan semua warga negara punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan utamanya kita yang berada diperbatasan. Walaupun kita berada diperbatasan tetapi kita tidak terbatas dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia.

Lanjutnya, mari kita bangun kesadaran bersama bahwa ruangan kelas bukan lagi satu satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan, apa lagi peran Guru di erah digital sebagai pasilitator pembelajaran yang menarik, menantang rasa ingin tahu siswa sehingga terdorong untuk menjadi pembelajaran yang mandiri sepanjang hayat yang terus menerus ditanamkan.

Dan ini menjadi kesadaran bagi guru dalan nenjalankan Tugas Utamanya sebagai Pendidik dan Pengajar serta memperbaiki kwalitas diri dan terus berinovasi guna memoeroleh praktek terbaik dalam melaksanakan Tugasnya.

menjadikan ilmunya sebagai Penerang hati dan kemanusiaan serta berprilaku dan menjadi Contoh bagi Siswanya.

 

 

Reporter : Yusuf P

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *