Bersama warga, TNI-Polri dan PMI rehab rumah tidak layak huni

by -9 views

MITRAPOL.com, Jateng – PMI Batang rehab rumah milik Muayah (52), warga Desa Getas Kecamatan Bawang, Jumat (29/11).

PMI dalam merehab rumah tersebut dibantu personel Polsek Bawang Polres Batang, Koramil Bawang, Pihak Kecamatan dan Desa serta warga setempat.

Kepala Markas PMI Batang Kusnadi menuturkan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) patut diberikan kepada Muayah beserta keluarga.

Lantaran rumahnya tidak layak huni lagi. Ini tampak pada kondisi kerangka atap rumah mengkhawatirkan karena sudah lapuk dan bisa roboh sewaktu-waktu, sehingga membahayakan penghuninya.

“Kita rehab dari pondasi sampai atap rumah, agar rumah ini layak di huni dan tidak membahayakan pemiliknya,” jelasnya.

Kusnadi melanjutkan bantuan RTLH yang diberikan PMI kepada Muayah merupakan bantuan sosial yang telah menyasar 22 unit RTLH.

Tahun ini, PMI menargetkan 30 rumah yang bakal rampung di bulan Desember mendatang.
Meskipun PMI hanya garap puluhan unit RTLH, setidaknya dapat mengurangi beban warga Batang.

“Tahun depan semoga kita dapat menambah kuotanya, berapa jumlahnya nanti akan kita bahas. Yang jelas warga bisa melaporkan jika ada tetangganya yang memiliki kondisi rumah tak layak huni ke masing-masing PMI kecamatan,” tegasnya.

Sementara Muayah mengaku tidak memiliki biaya untuk memperbaiki rumahnya. Pendapatannya sebagai petani dengan dua orang anak hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Terima kasih kepada PMI, Pak polisi dan TNI yang telah ikut memperbaiki rumah saya, insya Allah akan saya rawat dengan sebaik-baiknya,” katanya.

 

 

Reporter : Irul

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *