Tingkatkan pengetahuan Satpam, Sat Binmas Polres Melawi gelar pembinaan dan penyegaran

by -11 views

MITRAPOL.com, Kalbar – Satpam atau Satuan Pengamanan merupakan pengemban fungsi Kepolisian terbatas. Dalam tugasnya Satpam berperan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja atau penugasannya.

Dalam pembinaan Satpam, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan tanggung jawab Polri. Dimana Polri bertanggung jawab dalam membina, melatih dan mengawasi pelaksanaan tugas Satpam.

Untuk itu, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Melawi yang bertanggung jawab terhadap pembinaan keamanan swakarsa melakukan pembinaan dan penyegaran terhadap Satpam yang kali ini dilaksanakan terhadap Satpam PT. BPK ( Bintang Permata Khatulistiwa) dan PT. SBK ( Sari Bumi Kusuma) Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi, Jum’at (29/11).

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H melalui Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun mengatakan, di Wilayah Hukum Polres Melawi banyak terdapat objek vital perusahaan maupun perbankan yang menggunakan jasa pengamanan Satpam untuk menjaga areal kerjanya.

“Kegiatan ini dilakukan guna memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang peran dan tugas satuan pengamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tempat kerjanya. Dalam hal ini Sat Binmas Polres Melawi selalu memberi semangat kerja kepada para Satpam, dan juga sekalian menjalin tali silaturahmi dengan para anggota Satpam karena peran dan fungsi Sat Binmas sendiri salah satunya adalah pembinaan Pam Swakarsa,”ungkapnya.

 

“Kami terbantu dengan adanya Satpam, Rasio Polisi yang tidak memenuhi jumlah optimal terkadang tidak dapat mencakup semua lini dalam pengamanan. Dalam pelaksanaan tugas Satpam agar lebih prefesional, Polres Melawi melalui Sat Binmas bekerjasama dengan pihak perusahaan memberikan pelatihan, pembinaan dan arahan terkait teknis pelaksanaan tugas Satpam,”jelasnya.

“Semoga dengan pembinaan dan penyegaran ini, peran Satpam semakin baik dalam mengamankan wilayah kerjanya,” tutur Marbun.

Dalam kegiatan ini, Dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Melawi AKP TP. Marbun beserta Anggotanya PS. KBO Sat Binmas Aipda Yoyok Rosadi, Brigadir Ngadino dan Brigadir Juliansyah. Serta dihadiri juga oleh Satpam di PT. Bintang Permata Khatulistiwa ( BPK) sebanyak 19 orang dan di PT. Sari Bumi Kusuma ( SBK) sebanyak 28 Orang.

Pada kegiatan ini, disampaikan juga materi tentang Tupoksi Satpam sesuai Perkap no. 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan oleh Kasat Binmas dan diberikan materi tentang Atribut seragam Satpam oleh Brigadir Ngadino.

 

 

Red

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *