Kapolres Mimika resmikan Pos Kamling hasil inisiatif warga Nawaripi Mimika

by -72 views

MITRAPOL.com, Mimika – Pemerintahan Kampung Nawaripi, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua mengaktifkan kembali Sistim Keamanan Lingkungan (siskamling) dan bersama warga secara swadaya mendirikan Pos Kamling Kampung Nawaripi Induk bertujuan untuk menciptakan kampung nawaripi yang aman dan damai.

Pos Kamling ini diresmikan langsung oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, dan disaksikan langsung oleh warga Nawaripi, Timika, Sabtu (30/11) malam, peresmian ditandai dengan pengguntingan selubung papan nama Pos Kamling.

Sebelum pengguntingan selubung papan nama oleh Kapolres Mimika, Warga Kampung Nawaripi mendengungkan 3 poin pernyataan sikap, yang intinya mendukung kamtibmas desa nawaripi yang kondusif dan cinta akan NKRI serta menolak narkoba masuk di wilayah Mimika.

Plt. Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun menyatakan, dengan adanya Pos Kamling ini untuk ikut membantu pihak Kepolisian dalam penanganan dan menjadi informan Kepolisian terkait Kamtibmas kampung Nawaripi, selain itu mengurangi stigma warga Mimika yang menganggap Kampung Nawaripi adalah daerah yang rawan untuk dilintasi.

“Sejak kami menjabat di kampung ini, lebih mengutamakan pelayanan yang humanis, yakni kasih sayang antar sesama, sehingga stigma kerawanan hari ini sudah berkurang, kami nyatakan setia dan cinta akan NKRI,” ujar Norman Ditubun.

Ditubun menambahkan, atas kadamaian di Nawaripi ini, para pekerja tukang ojek saat ini dapat beroperasi hingga pagi hari, “Selain mendukung kamtibmas, kami juga sudah sepakat dan berkomitmen menolak narkoba di Kampung ini,” pungkas Norman.

Di tempat yang sama, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.Ik mengatakan, dirinya sangat bangga dan terharu atas usaha warga kampung Nawaripi dalam hal menjaga situasi kamtibmas dan mendirikan pos Kamling ini sangat membantu pihak kepolisian, yang jumlahnya terbatas.

“Saya tseharu dan bangga melihat inisiatif dari warga Nawaripi dalam hal menjaga kamtibmas, saya baru dua Minggu jabat Kapolres dan berupaya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif,” kata Kapolres Mimika.

Ia menambahkan, atas upaya didirikanya pos kamling Nawaripi ini, menjadi moto penggerak di tiap kampung yang ada untuk mempercepat informasi yang terjadi di wilayah tersebut.

“Dengan adanya informasi yang cepat, maka polisi akan merespon cepat dan mengungkap kasus pun cepat,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres menyatakan akan menurunkan anggota Bhabinkamtibmas Polres Mimika untuk berpatroli tiap hari di Nawaripi dan kampung lainya.

“Saya akan cek, anggota saya nanti ada yang malas-malasan akan ada penindakan, dan yang rajin akan diberikan penghargaan,” pungkas Kapolres.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *