Antisipasi kebakaran, warga Imopuro dilatih padamkan api

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro  Lampung – Cegah terjadi kebakaran diwilayahnya serta tanggap terjadinya bencana.Kelurahan Imopuro Metro pusat bekerjasama dengan Satuan pemadam kebakaran pemkot Metro melaksanakan pelatihan dan sosialisasi penanganan kebakaran.Kegiatan dilaksanakan di halaman satuan Damkar, Rabu (4/12).

Dalam kegiatan tersebut bersama tim dari Damkar pemkot Metro memaparkan materi singkat tentang secara terperinci tentang definisi api, unsur terbentuknya, dan cara penanganannya kepada warga. Selain itu pula dijelaskan juga jenis dan cara penggunaan alat pemadam api (APAR) , dan simulasi penanggulangan kebakaran dengan menggunakan karung goni basah.

Lurah Imopuro, Nasirwan Ali mengatakan, pentingnya melibatkan selain warga, unsur kelurahan RT, RW, Linmas, dalam upaya pencegahan kebakaran.

“Kebakaran hunian diperkotaan merupakan salah satu masalah sosial yang sebenarnya dapat diminimalisir bila ada partisipasi peran aktif warga dalam pencegahan seperti RT, RW, Linmas,” ungkap Nasir.

Ditambahkan Nasir, dalam acara tersebut Kelurahan Imopuro juga mengundang stakeholder selain warga,yaitu para pelaku usaha,

“Pihak kami juga mengundang dari beberapa elemen unit-unit usaha yang ada di sekitar misalnya; pengusaha karaoke, Unit Bank, pengusaha hotel, rumah sakit dan Satpam, tujuannya membekali mereka wawasan, sehingga dapat melakukan upaya pencegahan kebakaran pada lingkungan sekitar sekaligus mampu dan sigap menangani kebakaran khususnya di wilayah Kota Metro,”tutup Nasir.

Kabid Damkar pemkot Metro, Heriyanto mengungkapkan, pihaknya mendukung Lurah Imopuro dalam mensosialisasikan pencegahan kebakaran kepada warganya,

“Upaya penyuluhan dan pelatihan ini berguna dalam menangani terjadinya kebakaran lebih awal. Sehingga tingkat resiko kerugian akibat kebakaran menurun. Harapan kami juga, Sosialisasi ini dapat diikuti oleh Kelurahan-kelurahan yang lain yang ada di Kota Metro,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Muktaridi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *