Heboh….., di Nias Selatan, Tito Karnavian jadi Pangeran Pedang Bermata Dua

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nias Selatan – Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D menerima gelar adat di Desa Bawomataluo kecamatan Fanayama kabupaten Nias Selatan, Senin, (09/12), pada saat kunjungan kerjanya di kepulauan Nias.

Mantan Kapolri itu diberi gelar adat Tuha Gari Sifaoma Bawa (Pangeran Pedang Bermata Dua) oleh Mowa’a Wau (Ama Sua) Tokoh adat desa Bawomataluo yang telah menjadi salah satu ikon wisata dunia.

Adapun pengertian gelar tersebut bahwa masyarakat adat Nias yakin bahwa sebagaimana tajamnya Tito Karnavian saat menjabat sebagai Kapolri demikian juga tajamnya kepemimpinan beliau sekarang ini sebagai Mendagri demi kemajuan bangsa.

Atraksi budaya yang disuguhkan mewajibkan Tito berada ditengah-tengah ratusan prajurit tari perang sebagai seorang Pangeran yang wajib turun ke medan pertempuran.

“Saya sangat kagum saat busana adat yang dikenakan Menkumham Yasona Laoly terpilih sebagai busana adat terbaik beberapa tahun silam dan diberikan hadiah sepeda oleh presiden saat itu. Saat itu saya iri karena kalah dengan Nias, tapi sekarang saya telah mendapatkannya. Bukan dapat dari toko souveneir tetapi dalam acara besar,” sebut Tito diiringi tepuktangan meriah dari hadirin dihalaman Rumah Adat desa Bawomataluo.

Tito sangat berterimakasih atas gelar yang diberikan kepadanya. Menurutnya ini merupakan Ikatan keluarga dengan orang Nias dimana dirinya telah menjadi keluarga orang Nias.

Diakhir bicaranya Tito menyampaikan kata-kata bijak orang Nias: “Ta’olikhe Gawòni Ta’olai Guli Nasi” yang artinya perlu adanya kebersamaan yaitu kesatuan untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran.

Turut dalam rombongan para petinggi kementerian dalam negeri Kapolda Sumut dan didampingi oleh bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH, bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd dan para kepala daerah sekepulauan Nias.

 

 

Reporter : Emanuel B

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *