Fenomena Politik Uang

  • Whatsapp

Oleh : Delta Pengamat Politik

MITRAPOL.com, Lampung – Persoalan politik uang (money politic) dan rendahnya partisipasi publik dalam pemilukada kedepan masih akan menghantui prosesi Pemilulada (pilkada ) 2020 sehingga turut mengurangi kualitas demokrasi di Indonesia.

Praktek politik uang masih menjadi kekuatan utama yang mempengaruhi pilihan masyarakat di pemilukada hingga saat nya tiba. Munculnya fenomena itu, tidak terlepas dari rendahnya partisipasi publik dalam pemilukada.

Pada satu sisi para calon butuh dukungan suara, sedangkan pada sisi lain masyarakat pemilih cenderung melihat pemilukada sebagai peluang untuk mendapatkan materi. Kondisi itu, berawal dari kurangnya kesadaran masyarakat maupun para calon dalam menegakkan demokrasi.

“Kita mendorong mudah-mudahan pada Pemilukada 2020 ada kesadaran bersama baik dari calon maupun dari masyarakatnya untuk sama-sama menjaga kepercayaan, menjaga komitmen dan mempunyai kesadaran bahwa money politik tidak akan membawa perubahan,”

“Inilah persoalan tersendiri yang harus dijawab oleh KPU sebagai penyelenggara maupun pemerintah,”

Sementara itu, rendahnya partisipasi publik dalam pemilukada adalah akibat minimnya pendidikan politik dari partai politik Pengusung calon, lebih memainkan peran sebagai instrumen politik, namun tidak banyak memberikan pedidikan politik.

 

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *