Kejaksaan Negeri Balige musnahkan barang bukti dari ratusan perkara

  • Whatsapp
Kepala kejaksaan negeri balige DR. Robinson Sitorus SH, MH bersama ketua PN Balige, Kepolisian, pengacara, Badan POM memusnahkan barang bukti dari ratusan perkara dengan cara membakar di depan kantor kejaksaan, Rabu (11/12).

MITRAPOL.com, Tobasa – Kejaksaan Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melakukan pemusnahan barang bukti dari ratusan perkara dari tahun 2017 hingga tahun 2019 yang telah berkekuatan hukum tetap, dengan cara membakar, dipotong potong dan diblender yang disaksikan oleh ketua PN Balige, Kapolres tobasa yang diwakili oleh Kasat reskrim AKP. Nelson Sipahutar SH, MH, praktisi hukum Panahatan hutajulu SH, Badan POM, pemkab Tobasa di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Balige, Rabu (11/12).

Kepala Kejaksaan Negeri Balige DR. Robinson Sitorus SH.,MH, dalam keterangannya dihadapan awak media yang meliput dan menyaksikan kegiatan pemusnahan tersebut mengatakan, pemusnahan barang bukti ini merupakan hasil vonis dari Pengadilan Negeri Balige yang sudah berkekuatan hukum tetap atau sudah inkrah.

“Ini merupakan amanat dan perintah undang-undang bahwa barang bukti dari perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap harus dimusnahkan,” terang Robinson.

Dijelaskannya lagi, dalam perkara tersebut kejaksaan negeri balige memusnahkan barang bukti berupa narkotika shabu 155,23 gram, ganja 2.792,43 gram, ekstasi 50 butir, dan barang bukti lainnya berupa hp dari berbagai merk, pisau, parang, linggis dan garpu, yang terdapat dalam 138 perkara.

Pemusnahan barang buktinya dilakukan dengan cara dibakar, dipotong potong dengan menggunakan gergaji besi serta diblender agar barang bukti tersebut tidak bisa lagi dipergunakan serta menghindari penumpukan barang bukti di kejaksaan dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan hilangnya barang bukti tersebut ujar robinson sitorus yang baru satu bulan menjabat sebagai kepala kejaksaan negeri balige.

 

 

Reporter : Abdi. S

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *