Asap industri peleburan Timah dikeluhkan warga

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Industri yang bergerak dibidang peleburan Timah dikeluhkan Warga, sekitar.

Pabrik yang berada di kampung Prepedan dalam RT 011/007 kelurahan Kamal kalideres, Jakarta Barat diduga menjadi penyebab penyakit sesak Nafas (ISPA)

Warga prepedan Jakarta Barat mengaku terganggu dengan keberadaan pabrik industri peleburan timah yang ada di wilayahnya.

Industri yang diketahui bernama CV. BTL diduga penyebab terjadinya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang menyerang anak-anak balita yang bermukim disekitaran CV. BTL.

Salah satu warga Nur (45) mengatakan, akibat menghirup asap yang dihasilkan dari peleburan timah itu, anak-anak balita yang tinggal di sekitar pabrik terutama di wilayah RT 0011 mengalami sesak napas dan gejala penyakit lainnya.

“Asap yang dihasilkan dari peleburan timah itu ‘kan menyebar ke warga sekitar terutama di RT 011. Jadi anak-anak kecil yang imun nya belum kuat jadi sering sesak napas. Asap dari pembakaran logam itu kan beracun,” kata Nur warga RT 0011 kepada wartawan, Selasa (10/12/2019) pagi.

Menurut Nur,” Warga juga sudah melayangkan surat pengaduan ke pemerintah. Namun, hingga saat ini tidak ada tindakan apapun,” sedihnya.

“Sudah ke LH, kelurahan, kecamatan bahkan sudah sampai ambusdemen, tapi tanggapannya nihil semua. Jadi sudah mentok kami mengadu,” katanya sambil memperlihatkan tanda terima surat.

Sementara itu, dihubungi lewat pesan whatsapp Staff Penataan Hukum Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudis LH) Jakarta Barat Pramarta Riyadi menjelaskan, CV. BTL sudah melakukan sendiri uji emisi di laboratorium dan hasilnya nihil.

“Sudah ada uji emisi dari laboratorium dan hasilnya nihil,” katanya.

Namun, Pram juga tidak melarang jika ada pihak-pihak lain baik LSM atau warga yang mensikapi aktivitas pabrik tersebut termasuk menguji kembali hasil lab emisi itu.

Sesuai fakta ditemukan, bahwa diketahui CV. Bintang Terang Logam berlokasi di Kp. Prepedan Dalam RT 0011 RW 07, No. 75, Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Dari planing tata ruang DKI Jakarta diketahui, perusahaan ini juga berdiri dan beroperasi di zona tata ruang yang diperuntukan untuk permukiman.

 

 

Reporter : Shemy

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *