Imigrasi Mimika Gelar Sosialiasi P3-RI dan ITK

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Mimika – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Prosedur Permohonan Paspor Republik Indonesia (P3-RI) dan Izin Tinggal Keimigrasian (ITK), Sosialisasi berlangsung di Aula Cendrawasih Hotel 66 Timika. Jum’at (13/12).

Acara ini dihadiri berbagai peserta terdiri dari Instansi terkait, diantaranya Pelajar dan Mahasiswa, perwakilan Jamaah Haji/umroh, Dewan pengurus Masjid dan Gereja, Perusahaan penjamin TKA (PT.Freeport dan Privatisasi), Travel perjalanan Haji/umroh serta Insan Pers.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Jesaja Samuel Enock, Amd.Im., SH. membuka kegiatan sosialisasi dalam sambutannya menyatakan Kegiatan Sosialisasi ini merupakan implementasi dari terapan pelayanan Keimigrasian,

“Saat ini pelayanan Keimigrasian semakin berubah, masyarakat membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan, khususnya aparatur pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” ujar Kakanim Kelas II TPI Mimika.

Dirinya menambahkan, Kantor Imigrasi dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya Paspor dan Izin Tinggal telah banyak melakukan inovasi-inovasi dalam rangka memberikan kemudahan, keterjangkauan pelayanan kecepatan dan ketepatan.

“Imigrasi memiliki pedoman yaitu adanya ketepatan waktu, kejelasan biaya, administrasi, tata cara persyaratan harus sesuai untuk pembuatan paspor dan Izin Tinggal, prosedur, tata cara dan syarat-syarat harus jelas, tidak ada syarat-syarat tambahan semua harus sesuai dengan peraturan yang berlaku,” beber Jesaja Samuel Enock.

Samuel lebih menambahkan, “Kita sudah mengimplementasikan Sistem Paspor One Stop Service jadi satu kali datang untuk menyerahkan permohonan, Foto, pengambilan Biometrik dan Wawancara kemudian datang kedua untuk pengambilan Paspor,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan tanya jawab dengan dipandu oleh moderator David Alex Siahainenia penyiar Radio Publik Mimika dengan 2 orang Narasumber. Narasumber pertama yaitu Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian ( TIKKIM ) Moch Dede Sulaiman, Amd.Im.,SH.,M.Si menyampaikan materi tentang Paspor adapun dalam pemaparannya menjelaskan tentang jenis paspor, persyaratan, proses dan biaya permohonan Paspor. Disampaikan juga mengenai pengisian survei indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan Keimigrasian dimana dijelaskan pada saat pengambilan Paspor, pemohon diminta mengisi survei guna menilai layanan Keimigrasian yang diterima yang mencakup Kesesuaian Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan, dan Sarana dan Prasarana.

Materi kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian ( Lalintalkim ) Djaloe Wisanggenie Gurnadewa, SH. Dalam pemaparannya disampaikan tentang tata cara pemberian Visa dan Izin Tinggal bagi Tenaga Kerja Asing ( TKA ) prosedur pemberian Izin Tinggal Keimigrasian, Visa dan Jenis-jenis Visa dan Peruntukannya, Jenis Izin Tinggal, Kebijakan Penggunaan TKA sesuai PERMENKUMHAM No.16 Tahun 2018, Alur Proses Perijinan Penggunaan TKA, Penyederhanaan Prosedur Perizinan TKA.

Dalam sesi selanjutnya dilakukan tanya jawab terkait Prosedur Permohonan Paspor RI dan Izin Tinggal dari peserta Sosialisasi. Peserta terlihat sangat antusias bertanya terkait materi yang disampaikan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan baik peserta dari instansi Pemerintah, karyawan perusahaan, akademisi dan Guru yang hadir. Kegiatan Sosialisasi ini diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *