Fokus pembangunan UDD dan Gencarkan kegiatan social, Beni hadiri Munas XII PMI

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang juga Wakil Bupati Muba Beni Hernedi akan memfokuskan program kerja tahun 2020 untuk realisasi pembangunan Unit Donor Darah (UDD) dan lebih menggencarkan lagi kegiatan sosial kemanusiaan PMI di Kabupaten Muba.

Hal ini diungkapkan Beni Hernedi saat menghadiri Musyawarah Nasional XXI Palang Merah Indonesia (PMI) di Hotel Millenium Sirih Jakarta, Senin (16/12/2019) yang digelar 16-18 Desember 2019 dan dihadiri secara langsung oleh Wapres RI KH Ma’ruf Amin serta Ketua Umum PMI HM Jusuf Kalla.

“Jadi, pembangunan UDD di Muba tahun 2020 akan kita mulai untuk mengakomodir kebutuhan darah dan hal lainnya yang berkaitan dengan PMI,” ungkapnya.

Menurut Beni, keberadaan UDD di Kabupaten Muba sudah dirasakan mendesak mengingat kebutuhan darah di Muba yang setiap tahun terus meningkat.

“Kebutuhan darah di Muba menjadi prioritas PMI Muba ke depan, terlebih di Muba ini kebutuhan darah sangat banyak bisa mencapai 12 ribu kantong pertahun, tentu dengan adanya UDD persoalan kebutuhan darah di Muba tidak lagi menemukan kendala,” ucap Beni yang juga Ketua Program Informasi dan Komunikasi Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

 

Beni juga menjelaskan, selama ini PMI Muba konsen dengan kegiatan sosial dan kemanusiaan di Muba dan ke depan akan terus digencarkan dan lebih intens hingga ke kawasan pedesaan di Muba.

“Kita sudah membentuk Relawan Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat, baca), dan ini nantinya akan difokuskan di wilayah-wilayah yang rawan bencana,” jelasnya.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam kesempatan tersebut menyampaikan laporan pertanggungjawaban periode kedua kepengurusan PMI tahun 2014-2019.

Diketahui, pada rangkaian Munas XXI Palang Merah Indonesia (PMI) juga merupakan agenda pemilihan Ketua dan Pengurus PMI periode 2019-2024. Munas XXI PMI mengangkat tema ‘Kerja Bersama untuk Kemanusiaan’ yang berarti PMI bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan.

Munas juga membahas pokok-pokok kebijakan rencana strategis PMI tahun 2019-2024 untuk terus melakukan kegiatan Kepalangmerahan sesuai dengan amanat UU No 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) No 7 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan UU Kepalangmerahan.

Sebelumnya, Ketua PMI Sumsel Febrita Lustia menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi akan tekad dan semangat Pemerintah dan PMI Kabupaten Muba atas rencana pembangunan tersebut,” tuturnya

Feby mengajak jajaran Pengurus PMI Kabupaten Muba maupun Pengurus PMI Kecamatan serta relawan untuk berkerja keras memberikan pelayanan kemanusiaan, dalam rangka meringankan beban masyarakat.

Ia juga berpesan agar PMI Kabupaten Muba untuk melaksanakan tugas-tugas pokok kepalangmerahan, seperti peningkatan fungsi atau peran komunikasi dan informasi, pengembangan organisasi, melakukan pembinaan relawan serta pelayanan sosial.

“Saya yakin dan percaya PMI Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Hernedi dan dukungan penuh Bupati Muba Dodi Reza Alex Insya Allah akan berjalan dengan lancar dan maju,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Anto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *