Polsek Cukuh Balak sosialisasi karhutla hingga saring info illeggal logging

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tanggamus – Dua personel Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus Bripka Doni Hariyanto dan Bripka Sigit DA melaksanakan sambang dan kunjung ke masyarakat Pekon Tengor,Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Minggu (15/12) siang.

Sambang bermaksud memberi himbauan tentang antisipasi dini kebakaran hutan dan lahan, pasalnya disana terdapat sejumlah lahan yang ditanami pohon jati, yang biasanya daun kering yang telah jatuh ke tanah lebih mudah terbakar atau kadang dibakar sendiri oleh pemiliknya guna menyuburkan lahan.

Disana mereka memberikan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar lahan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan sebab membahyakan dan berdampak dari segi kesehatan dan perekonomian.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata Bripka Doni Hariyanto usai pelaksanaan sosialisasi.

Bripka Doni berharap, kerjasama masyarakat di wilayah hutan dan lahan untuk selalu menjaga agar tidak terjadi kebakaran. “Diantaranya jangan membakar sampah sembarangan maupun membuang puntung rokok sembarangan sehingga memicu kebakaran,” harapnya.

Terpisah, Kapolsek Cukuh Balak Ipda Eko Sujarwo, SH. M.Si menegaskan kegiatan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dilaksanakan anggotanya itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan saat musim kemarau.

Namun, saat ini hujan sudah mulai turun, pihaknya tetap melakukan sosialisasi, hal itu merupakan wujud perhatian Polri kepada warganya karena mengingat dampak yang ditimbulkan terhadap kesehatan masyarakat.

Kemudian, bersamaan dengan itu juga anggota dapat menyaring informasi masyarakat apabila adanya illeggal logging, sehingga semua berjalan bersamaan.

“Kami akan terus melaksanakan sosialisasi hingga benar-benar tidak terjadi gangguan. Kepada masyarakat juga selain Karhutla, agar melaporkan apabila menemukan adanya indikasi illeggal logging,” terang Ipda Eko di Mapolsek Cukuh Balak.

 

 

Reporter : Deni Andestia

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *