Dihadapan Komisi V DPR RI, Gubernur Sulawesi-Selatan paparkan progres pembangunan infrastruktur Sulsel

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah, memaparkan progres pembangunan infrastruktur Sulsel di depan 16 anggota dan pimpinan Komisi V DPR RI, di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (18/12).

Dalam paparannya, Gubernur Sulsel menyampaikan kondisi irigasi dan waduk yang ada di 24 kabupaten kota se-Sulsel. Menurutnya, kebutuhan waduk dan bendungan di Sulsel baru terpenuhi sekitar 11 persen dari total kebutuhan pertanian Sulsel.

“Memang irigasi, waduk baru 11 persen dan masih bergantung dari air sungai. Namun masih tetap bisa berproduksi,” kata Prof Nurdin Abdullah saat menyambut rombongan Komisi V DPR RI.

Selain Irigasi, Prof Nurdin juga menguraikan kondisi jalan nasional khususnya di wilayah selatan Sulsel yang masih membutuhkan pelebaran jalur dimulai dari Kota Makassar hingga Kabupaten Sinjai.

“Jalan nasional di bagian selatan Sulawesi Selatan ini betul-betul menjadi prioritas kami,” tutur alumni Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Di wilayah selatan Sulsel itu, kata Prof Nurdin, terdapat destinasi pariwisata pantai yang menawarkan pemandangan indah dan membutuhkan dukungan pembangunan infrastruktur jalan.

“Disana ada tempat wisata, namanya pantai Bira di Bulukumba,” ujarnya.

Yang lebih penting, lanjut Prof Nurdin, Pemprov fokus membangun daerah terisolir di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Salah satunya Kecamatan Seko di Kabupaten Luwu Utara yang sebelumnya memakan waktu tempuh hingga tiga hari dan hanya dapat diakses oleh kendaraan roda dua. Pada September 2019 dengan proses pengerasan jalan yang telah rampung, jalur ini dapat ditempuh dalam waktu tiga jam dengan kendaraan roda empat.

“Di Luwu Utara ada daerah terisolir yang bernama Seko dengan ojek termahal di Indonesia. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini sudah berhasil diaspal sekitar 46 kilometer dari panjang keseluruhan 120 kilometer,” jelas mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

 

 

Reporter : Muh Ali/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *