Apel gelar pasukan Operasi Lilin Kieraha 2019, Kapolda Malut sampaikan amanat Kapolri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polda Maluku Utara (Malut) melaksanakan apel gelar pasukan operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Kie Raha 2019” di lapangan Ngaralamo Salero Kota Ternate, Kamis (19/12/19).

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Suroto, M.Si didampingi Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, SE, MH yang dihadiri oleh Asisten II Provinsi Maluku Utara, Walikota Ternate dan sejumlah PJU Polda Malut.

Turut hadir, Kasatpol PP Malut, Kasi Data BMKG Malut, Kacab PT Pelni, GM Ansor Ternate, KSOP Ternate, Plt Kadis Perhubungan Malut, KPLP Ternate, KA BNPBD, Dinas Perindag Malut, BPTD Malut, Kapolres Ternate dan Seluruh Peserta apel Gelar Pasukan yang terdiri dari seluruh Instansi Terkait.

Operasi Kepolisian terpusat “Lilin Kie Raha 2019” akan dilaksanakan selama 10 Hari, terhitung mulai hari Senin, 23 Desember 2019 sampai dengan Hari Rabu, 01 Januari 2020.

Amanat Kapolri, Jenderal Polisi Drs Idham Azis M.SI melalui Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs Suroto M.SI mengatakan, apel gelar pasukan ini diselengarakan secara serentak dengan tujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralalatan pengamanan, serta soliditas para pemangku kepentingan. Tujuannya, untuk menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operasi kepolisian ini akan melibatkan 191.807 Personel Pengamanan Gabungan yang terdiri atas 121.358 Personel Polri, 17.190 Peraonel TNI serta 55.259 Personel Instansi Terkait seperti Satpol PP, Dishub, Dinas kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan Instansi Lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan di tempatkan pada beberapa titik, 1.792 Pos Pengamanan, 745 Pos pelayanan, dan 45 Pos Terpadu. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan Intelejen, berupa deteksi dini dan deteksi Aksi, serta penegakan Hukum secara Tegas dan Profesional.

“Dalam rangka menyambut natal dan tahun baru 2020 terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi yaitu, aksi Terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan Lalulintas, kecelakaan transportasi, sweping Ormas, aksi Penolakan Peribadatan. Kemudian kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran,bencana alam, konvoi, balap liar, kebakaran akibat petasan dan pesta Narkoba ataupun miras,” ucap Kapolda Malut.

Dalam mencegah dua belas potensi kerawanan tersebut diharapkan kepada Kasatwil bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi berbagai potensi ganguan yang ada.

Kapolda juga menyampaiakan kepada seluruh Personel untuk selalu menjaga kesehatan. “Lakukan deteksi dini, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis dan Mantapkan Kerjasama Sinergi dan soliditas antar Pihak yang Terlibat demi keberhasilan pelaksanaan Operasi,” tutupnya.

 

 

Reporter : Sahwan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *