Polres Aceh Selatan gelar pasukan Operasi Lilin 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tapaktuan – Menjelang natal dan tahun baru, Kepolisian Resort Aceh Selatan menggelar pasukan operasi lilin tahun 2019, di Mapolres Aceh Selatan Kamis (19/12).

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang dibacakan Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedi Sadsono yang bertindak sebagai inspektur upacara bersama Dandim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB mengatakan Operasi Lilin tahun 2019 mempakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari yang dimulai pada Senin (23/12) hingga Rabu (1/1/2020).

Sementara itu, dalam operi lilin 2019 fokus pengamanan dilakukan pada 61.308 obyek di Indonesia baik gereja, tempat wisata. pusat perbelanjaan obyek perayaan tahun baru terminal pelabuhan, stasiun KA. dan bandara.

Selanjutnya dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri dan 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara Iain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi Iainnya.

Kekuatan personal tersebut nantinya akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan. dan 45 titik pos terpadu.

“Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan premtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” ucap Kapolres Aceh Selatan saat membacakan amanat Kapolri.

Berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 pohensl kerawanan yang harus diantisipasl, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan. kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran. bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

“Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah,” tutupnya.

Selain TNI – Polri, operasi lilin 2019 ini juga ikut melibatkan Dinas perhubungan kabupaten Aceh Selatan dan dinas terkait.

 

 

Reporter : Safdar S

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *