Polres Tanggamus sosialisasi penerimaan Polri TA ke pejabat utama Pemkab

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tanggamus – Menjaring minat para calon anggota Polri TA 2020, Bag Sumda Polres Tanggamus melaksanakan sosialisasi penerimaan Polri TA 2020 kepada seluruh Pejabat di lingkungan Kab Tanggamus di ruang rapat Pemkab setempat, Selasa (17/12).

Kegiatan ini dilakukan, berkat adanya respon positif dari pemerintah Kab Tgms, pada saat pembahasan draf MoU Bag Sumda Polres Tanggamus kepada Pemerintah daerah kabupaten Tanggamus perihal sosialisasi dan pembinaan bagi para calon anggota Polri TA 2020, yang di selenggarakan di Aula Wirasatya Polres Tanggamus pada hari Senin tgl 16 Desember 2019.

Sosialisasi diawali sambutan Kasubag Humas Polres Tanggamus Ipda M. Yusuf sekaligus mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM.

“Terima kasih kepada jajaran Pemda Kabupaten Tanggamus, yang telah merespon baik dan mendukung upaya kegiatan Kepolisian khususnya sosialisasi dan rencana pembinaan kepada para calon anggota Polri TA 2020,” ucapnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi Penerimaan Polri TA 2020 secara terpadu meliputi Akpol, SIPSS, Bintara dan Tamtama Polri oleh PS. Paurlat Bag Sumda Aipda Rahmat Basuki, SE. MM mewakili Kabag Sumda Kompol I Gusti Ketut Wibawa.

Aipda Rahmat Basuki menjelaskan sistem penerimaan polri tahun 2020 mengunakan azas Betah yaitu : Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, dimana sejak dari pendaftaran, tahapan tes, hingga pelaksanaan pendidikan, seluruhnya gratis tanpa dipungut biaya suatu apapun.

Selain menjelaskan beberapa persyaratan umum dan tahapan tes/seleksi, Aipda Rahmat Basuki juga menyampaikan salah satu program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.SI tentang mewujudkan SDM yang unggul.

“SDM unggul diantaranya, penataan rekrutmen yang proaktif dan menjaring talenta, serta mewujudkan proses seleksi yang Betah berbasis IT dan dapat di akses oleh publik,” jelasnya.

Sambungnya, beberapa kategori rekrutmen proaktif calon anggota Polri khusus Bintara Polri meliputi 3 kreteria yaitu, pertama; tindakan penguatan (Affirmative Action) dengan menjaring calon anggota Polri yg berasal dari wilayah terluar didaerah perbatasan Indonesia dengan negara lain atau wilayah pedalaman pulau terpencil dan berpenghuni, untuk didaerah Kabupaten Tanggamus ada dan terletak di pulau Tabuan yang dihuni 4 desa dan berada ditengah laut yg berbatasan dengan samudera hindia.

Kedua; kategori penghargaan yaitu, anak kandung anggota Polri atau anak kandung anggota masyarakat/masyarakat yang gugur dalam membantu pelaksanaan tugas kepolisian yang dibuktikan dengan surat keterangan Kapolda yg menjabat saat kejadian.

Lalu, berperan aktif dalam penyelenggaraan pembinaan Kamtibmas serta penanganan permasalahan menonjol yg menjadi atensi masyarakat dan pemerintah. Serta membantu pelaksanaan tugas Kepolisian dibidang operasional dan pembinaan yang memberikan dampak positif terhadap organisasi Polri.

Ketiga, kategori pencarian bakat (Talent Scouting) yang meliputi Aspek Akademik dimana untuk yang masih kelas XII pernah Juara 1 sd 3 olimpiade sains TK Kabupaten, Juara 1 sd 5 olimpiade sains TK Propinsi dan juara 1 s/d 10 Olimpiade Sains TK Nasional.

Sedangkan untuk calon yang sudah lulus SMA/MA memiliki nilai UN peringkat 1 s/d 10 terbaik pada tingkat Kabupaten/kota dibuktikan dengan surat keterangan dari Dinas Propinsi Lampung.

Lantas, non akademik yakni Juara 1 s/d 3 bidang olah raga individu/bukan beregu tingkat Propinsi, nasional atau internasional, Juara 1 sd 3 (Musabaqoh Wiratul Qutub) tingkat provinsi, nasional maupun internasional, Paskibraka tingkat nasional dan Hafids Quran minimal 10 juzz dan mampu menafsirkan hafallannya.

Terakhir Aipda Rahmat Basuki, juga menjelaskan tentang syarat pokok, meliputi, tidak bertato, tidak berkacamata, tidak bertindik atau bekas tindik untuk laki, tidak sedang dalam proses perkara pidana dan harus bisa berenang.

Setelah pemaparan selesai dilanjutkan sesi tanya jawab, kemudian dilanjutkan sambutan dan penekanan oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Safii kepada seluruh jajarannya guna mendukung program kepolisian Polres Tanggamus terkhusus bersama-sama ikut dlm mensosialisasikan rekrutmen penerimaan polri tahun 2020, dengan harapan Kabupaten Tanggamus ada peningkatan animo masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota Polri.

Kegiatan itu juga dihadiri Asisten 1 Fathurrahman, Asisten 2 Sukisno, Asisten 3 Jhonsen Vanessa, Staf ahli Bupati, Para Kabag, Para Kepala Badan, Para Kadis, Para Camat dan Instansi Vertikal.

 

 

Reporter : Deni Andestia

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *