Operasi Lilin Kie Raha 2019, Anjing ini ikut tilang kendaraan

  • Whatsapp
Kasat Lantas Polres Kota Tidore, IPTU Ridwan Usman bersama "Panda"

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Ada yang unik di Maluku Utara (Malut) jelang Operasi Lilin Kie Raha 2019. Tepatnya di Polres Kota Tidore, terdapat seekor anjing peliharaan ikut serta dalam operasi tersebut.

Anjing itu Viral di sosial media saat ia bersama tuanya yang tak lain adalah Kasat Lantas Polres Kota Tidore, IPTU Ridwan Usman menjalankan tugas mereka sebagai anggota Satuan Lalulintas.

Dilansir dari akun Facebook milik Yonker Turuy yang diposting ke grup Formada (Forum Komunikasi Masyarakat Adat Maluku Kie Raha) pada tanggal 18 Desember 2019, pukul 12:30 Wit, terlihat anjing lucu itu setia menemani Ridwan.

“Operasi lilin Tidore, Kasat lantas terbaik di muka bumi menggunakan anjing untuk mendampingi beliau saat bekerja, ini menjadi hal baru bagi masyarakat Tidore. Jadi kalau sudah ditilang jang coba kabur, jangan sampai di gigit anjing,” tulis Yonker Turuy.

Kasat Lantas Polres Kota Tidore, IPTU Ridwan Usman

Menanggapi postingan itu, sejumlah warga net ikut berkomentar. Mereka merasa aneh dan lucu melihat anjing itu memakai seragam atau rompi Lalulintas.

“Secara terhormat saya fokus baju anjing itu, top. Anjing juga kerja jadi dapat baju dinas,” komentar akun Na Musa.

“Kombes Pol Yenny Waas (Akun) tolong kasih apresiasi buat Kasat Lantas Kota Tidore ini. Biar paitua (Kasat-red) atau Polres Tidore Kepulauan tidak punya satuan K-9, tapi mampu buat terobosan,” tulis Tommy Barendsz.

Apresiasi itu juga diberikan oleh akun Hamzah L menginginkan agar anjing itu diberi honor, “Jangan lupa honor buat anjing”.

Sementara Kasat Lantas Polres Tidore, IPTU Ridwan Usman saat dikonfirmasi tim Media Center Mitra Polri (Mitrapol), dirinya mengaku Anjing itu adalah milik pribadinya yang diberi nama khusus yakni “Panda”.

“Anjing itu adalah peliharaan saya sendiri, yang dipelihara dari kecil. Dia selalu menemani saya dalam bertugas selama Tiga bulan. Keseharianya selalu di kantor Lalulintas Polres Tidore,” terang Ridwan, Sabtu (21/12/2019).

Terkait dengan rompi atau seragam yang digunakan Panda, adalah cara Ridwan untuk memberikan identitas kepada hewan peliharaanya bahwa dia bukanlah anjing liar.

“Rompi itu adalah sebagai identitas Panda bahwa dia bukanlah anjing liar. Akan tetapi adalah salah satu anjing yang memiliki kedekatan dengan saya saat menjalankan tugas,” jelasnya.

Berikut identitas hewan kesayangan Kasat Lantas Polres Tidore. Namanya adalah “Panda”, usianya sudah 4 bulan. Makanannya adalah roti tawar. Kesehariannya selalu menemani IPTU Ridwan Usman dalam bertugas.

Informasi yang dihimpun Mitrapol, Panda bukanlah anjing resmi dari satuan Polri. Panda juga belum pernah mengikuti pelatihan khusus sebagai anggota Lantas.

Hal ini pantas buat Panda, apalagi anjing merupakan salah satu satwa yang sering digunakan aparat Kepolisian dalam menjalankan tugas pengamanan.

 

 

Reporter : Sahwan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *