Wujudkan generasi peduli Kamtibmas, Polres Batang gelar Jumbara PKS

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jateng – Polres Batang menggelar Jumpa Gembira Patroli Keamanan Sekolah (Jumbara PKS) tingkat SMP/SMA se-Kabupaten Batang pada 20-22 Desember, untuk mewujudkan generasi tertib berlalu lintas dan peduli terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di halaman Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang, Jum’at (20/12/2019).

Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengatakan, Polri sebagai komponen utama pembina keamanan dan ketertiban masyarakat, bertanggung jawab untuk membina unsur-unsur potensi masyarakat.

“Untuk menjaga dan memelihara suasana kamtibmas, Polri bekerja sama dengan potensi-potensi keamanan swakarsa, salah satunya Patroli Keamanan Sekolah (PKS),” tuturnya.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan, PKS merupakan salah satu ekstra kurikuler yang mendidik pelajar memiliki jiwa kedisiplinan dan rasa nasionalisme yang tinggi, fisik maupun mental yang tangguh.

“Anggota PKS juga harus memiliki pengetahuan hukum yang memadai, anti narkoba dan mempunyai kesadaran dalam berperan serta untuk menjaga kamtibmas,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, Polres Batang bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan menandatangani MoU di bidang pembinaan pelajar. Salah satu implementasinya melalui pembinaan PKS di tingkat SMP dan SMA.

“Puncaknya adalah diadakannya lomba PKS tingkat SMP dan SMA, untuk menanamkan kedisiplinan pelajar,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Jumbara PKS, Widura Prasetyawan mengatakan, Jumbara PKS kali ini diikuti 26 sekolah terdiri dari tingkat SMP sejumlah 10 dengan peserta 300 pelajar dan SMA 16 sekolah dengan peserta 447 pelajar.

“Semua peserta diharapkan supaya bisa mengikuti kegiatan sebagaimana yang telah dijadwalkan, tetap menjaga kondisi kesehatan, makan teratur dan istirahat secukupnya,” imbaunya.

Widura menjelaskan, dipilihnya halaman Disnaker karena lokasi yang lebih strategis dan banyak tempat yang dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan beragam lomba.

“Ada lomba PBB, Senam Lantas, Simulasi Pengaturan Lantas, Cerdas Cermat, seni budaya dan artikel,” terangnya.

 

 

Reporter : Irul

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *