Keren ! Balong Ranca Lentah bakal dipercantik Air Mancur

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Sebagai salahsatu tujuan wisata, Pemerintah Kabupaten Lebak terus menggenjot pembangunan infrastruktur pariwisata, Kali ini Bupati Lebak tengah merancang strategi jitu liwat bangunan Air Mancur (Water Fountain) Balong Ranca Lentah yang berlokasi di Kelurahan Rangkasbitung barat dan bisa disebut sebagai pusat Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Belakangan ini Balong Ranca Lentah kerap dikeluhkan warga sekitar akibat kumuh dan suka mengeluarkan bau tidak sedap diduga akibat kurang terpelihara, Baru baru ini dikabarkan Balong Ranca Lentah bakal disulap menjadi wahana terbuka air mancur, banyak kalangan mendukung rencana itu dan dianggap sebagai sebuah terobosan Bupati yang patut diacungi jempol, karena lokasi tersebut bisa menjadi magnet untuk menarik wisatawan, seperti Bridge Fountain di Korea Selatan atau Moonlight di Seoul yang terbilang jitu.

“Harusnya dari dulu sudah dipikirkan, bagaimana wisatawan luar daerah perlu di siapkan lokasi transit di tengah kota sebelum mereka menuju ke tempat tujuan wisatanya seperti ke Baduy, Pantai, Negeri diatas awan, Kebun teh Cikuya dan lainnya,” kata Sutisna Ketua LSM Laskar Banten Reformasi.

Pemkab Lebak merencanakan pembangunan Air Mancur dilaksanakan pada bulan Januari 2020 dengan anggaran sebesar 754.500.000 Rupiah melalui dana CSR dari Bank BJB, menurut Hengky Blaine seorang magician yang sering perform sulap di wilayah Balong Ranca Lentah, dirinya sangat mengapresiasi rencana ini, bahkan Hengky bersama para pedagang lain meyakini jika Air Mancur sudah terealisasi maka Balong Ranca Lentah bakal jadi pusat keramaian dan berdampak pada kenaikan ekonomi warga sekitar, selain itu, menurut Hengky peluang usaha juga akan bertambah

“Kalo indah pasti ramai, kalo ramai pasti peluang ekonomi terbuka lebar, tinggal bagaimana kemauan kita saja,” pungkasnya.

Meski demikian, rencana pembangunan Air Mancur oleh Pemda Lebak harus berbanding lurus dengan sistem tata dan pengelolaan yang profesional serta ramah lingkungan. sebagaimana diketahui, Balong Ranca Lentah selama ini masih semerawut dengan lapak para pedagang, parkiran yang tidak teratur ditambah lagi gembel dan oengamen (Gepeng) yang tidak jarang membuat suasana kurang nyaman.

“Balong tempat kita nongkrong, kalo ada rencana dibangun sama pemerintah itumah absolute banget, tapi jangan sampai pedagang diusir merekanya mesti diinventarisir lapak jualan yang layak dan harga sewa terjangkau, terus parkirannya juga harus jelas, gembel sama pengamennya ampun disini, ya intinya harus dikelola secara baik,” kata Dede Lukman Ketua Persatuan Mahasiswa Sobang (PMS) saat dijumpai mitrapol.com di Balong Ranca Lentah. Minggu (22/12).

 

 

Reporter : Ubay Pol

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *