Pemerintah Kabupaten Tuba sosialisasi Kawasan Tanpa Asap Rokok

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tuba — Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang, melalui Dinas Kesehatan melakukan kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah ( Perda ) No.6 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kampung kecamatan Penawar Aji dan Rawa Pitu.

Sosialisasi ini di hadiri oleh Plt. Dinas Kesehatan Tulang Bawang Fatoni,s.kep.MM, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tulang Bawang Feriany.Said,skm,M.kes, Camat Penawar Aji dan Rawa Jitu, Kepala Kampung,Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah dan pelajar.

Untuk dietahui sosialisasi ini seperti yang dijelaskan oleh Fatoni Plt. Kepala Dinas Kesehatan, “sebelum diberlakukan, Perda KTR terlebih dahulu akan di buatkan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai Aturan Turunan Perda No 6 Tahun 2019.

Perbup ini diperlukan untuk mengatur teknis penerapan Perda KTR, seperti’misalnya, di lingkungan perkantoran dan sarana umum wajib disediakan tempat khusus merokok. Untuk tempat lain seperti Fasilitas Kesehatan, Sekolah, Tempat Anak Bermain, Rumah Ibadah, Angkutan Umum, dan Fasilitas Olahraga Wajib Bebas Asap Rokok, terangnya.

Perda KTR di harapkan menjadi salah satu upaya dalam mendukung upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang saat ini tengah dirancang.

Fatoni mengungkapkan, di dalam Perda KTR juga di atur soal denda bagi orang atau individu yang melanggar. seperti akan dikenakan sanksi pidana kurungan selama tiga hari dan atau denda sebesar Rp50 Ribu yang telah diatur dalam Pasal 16.

Dalam pasal 17 juga ditegaskan sanksi kurungan selama tiga hari dan atau denda sebesar Rp 500 ribu bagi orang atau badan yang menjual atau mempromosikan atau sejenisnya produk rokok di dalam (KTR) Kawasan Tampa Rokok,” jelasnya.

 

 

Reporter : Dan

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *