Siap amankan Nataru, Polres Melawi tempatkan Personil di Pos Terpadu, Pospam dan Posyan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kalbar – Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Melawi dan Polsek Jajaran mulai berbenah untuk persiapan pelaksanaan pengamanan “Operasi Lilin Kapuas 2019”. Persiapan sudah mulai dilaksanakan dengan membuat Pos-pos Pengamanan serta Pos Pelayanan di wilayah yang dianggap strategis dan menempatkan Personil Gabungan di dalam Pos yang sudah dibuat oleh Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P beserta Anggota Satlantas Polres Melawi, Senin (23/12) pagi.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H mengatakan pihaknya bekerja sama dengan TNI termasuk dengan Dishub, Satpol PP, Instansi terkait lainnya dan Ormas keagamaan.

“Untuk Natal dan Tahun Baru, kami siapkan satu Pos Terpadu diterminal Bus Sidomulyo, Pos Pengamanan di Traffic Light Tugu Juang dan satu Pos Pelayanan yang terletak di Pos Lantas Lapangan Kuliner Nanga Pinoh. Pos-pos ini didirikan dititik-titik yang kita anggap ramai aktivitas masyarakat, baik itu ramai perbelanjaan, ramai peribadatan dan ramai rekreasi,” jelasnya.

“Pos-pos ini didirikan sebagai tempat bagi personil pengamanan yang bertugas, dimana didalamnya melibatkan Personil Polri, TNI, Dishub, Kesehatan dan Instansi terkait lainnya guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang akan timbul,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, disamping itu juga ada Posyan untuk memberikan pelayanan, seperti bantuan medis dan penanganan kecelakaan lalulintas serta bantuan kemanusiaan lainnya,” katanya.

“Selain membuat Pos pengamanan dan Pos Pelayanan, kami juga sudah melakukan kegiatan silaturahmi kebeberapa tokoh agama. Hal ini dilakukan dalam rangka tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Melawi, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan kondusifitas kamtibmas,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Ops AKP Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P menambahkan Polres Melawi juga sudah mendata gereja-gereja yang nantinya akan dipakai sebagai sarana untuk ibadah dalam perayaan Natal. Pendataan ini sebagai salah satu bentuk persiapan kepolisian, dalam melaksanakan pengamanan.

“Selain itu, kami juga sudah melaksanakan koordinasi dan menjalin komunikasi dengan para pengurus gereja, untuk saling berbagi informasi terkait rencana kegiatan ibadah natal. Pihak pengamanan internal dari masing-masing gereja kita gandeng untuk bersama menjaga keamanan dan kenyamanan para jemaat yang sedang beribadah,” tuturnya.

Lanjutnya, “Guna kondusifnya perayaan Natal bagi umat Kristiani, Kepolisian juga menyiapkan personil dilapangan. Sebanyak 145 Personil Polres Melawi dibantu personil dari TNI serta Instansi terkait lainnya berjumlah 100 Personil, Saat melaksanakan tugas akan diberikan arahan secara berkala oleh para Perwira Pengendali dilapangan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Deni Andestia

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *