Diduga lakukan pungli, Oknum Kades di Lampung Timur raup uang hingga ratusan juta

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro – Lampung – Dugaan adanya oknum Kepala Desa di Kecamatan Batanghari Lampung Timur melakukan pungutan liar (pungli ) kepada warganya beralasan. Pungutan tersebut guna membantu didalam pengurusan salah satu program pemerintah yang seharusnya gratis.

Jika dikakulasikan dana tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah. Hal tersebut diungkapkan warga desa kepada Wartawan Mitrapol, Sabtu (07/12/19).

Kekecewaan warga tersebut beralasan, karena selama ini tidak ada musyawarah/keterbukaan di desa dalam penggunaan dana desa. Karena sudah beberapa tahun terakhir ini belum ada rapat tahunan di desa yang menjelaskan laba yang diperoleh.

Selain itu terbukti ada beberapa bangunan baru yang telah dikerjakan sudah ada yang rusak. Saat ini warga masih menunggu rapat akhir tahun, agar Kades dapat melaporkan segala bentuk pengelolaan aset desa dan menjelaskan untung ruginya.

Salah satu warga desa mengatakan, bahwa ia telah menyetorkan sejumlah uang guna pengurusan salah satu program pemerintah, namun kenyataannya uang yang harus ia setorkan melebihi ketentuan dan berasalan dana transport.

“Kemarin saya telah menyetorkan uang untuk pembuatan berkas pribadi saya dan dimintai oleh perangkat desa uang 400 ribu. Berhubung dana belum mencukupi maka saya baru meyetorkan uang 200 ribu, kemudian saya mendengar dari warga lain bahwa berkas itu sudah jadi dan saya menemui perangkat desa. Namun berkas tersebut bisa diambil setelah saya melunasi sisanya. Mereka beralasan bahwa uang tersebut untuk transport dalam mengurus berkas tersebut,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika dalam waktu dekat ini tidak ada etikad baik dari sang Kades dalam menyelesaikan permasalahan desa, termasuk menjelaskan apa saja terkait dana dan kas desa guna bermusyawarah menjelaskan kepada masyarakat mengenai propit/laba yang telah diperoleh, maka kami sebagai warga desa bersama tokoh desa akan melaporkan kepada pihak yang berwajib terkait adanya dugaan penyimpangan dana desa maupun lainnya.

Kedepan juga tim Mitrapol dan awak media lainnya akan menemui oknum Kades di Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur guna meminta kejelasan informasi terkait beberapa laporan warganya tersebut.

 

 

TIM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *