Gelar Operasi Pengesahan STNK, Personel gabungan tindak puluhan kendaraan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Dengan melibatkan 42 personel gabungan dari Dinas perhubungan (Dishub), Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah), TNI dan Polri, digelar razia Operasi Pengesahan STNK di Jalan Ring Road Raya Kembangan Jakarta Barat (Jak-Bar). Kamis (26/12/19).

Kasat Lantas Polres Jak-Bar Kompol Hari Admoko mengatakan, dalam razia ini bentuk pelanggarannya lebih banyak pengemudi yang tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) dan ketinggalan STNK, serta pemilik kendaraan belum membayar pajak PKB dan BBN-KB, sehingga pemilik kendaraan di wajibkan membayar pajak di tempat yang telah disediakan pada operasi ini,” ujarnya.

Di lokasi yang sama Eling Hartono, Plh. Kaunit PKB dan BBN KB Samsat Jak-Bar menjelaskan, kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan dan kewajibannya dalam membayar Pajak, apabila belum bisa membayar Pajak, kita buka layanan samping dan bisa bayar di tempat dan apabila tidak mau membayar kewajibannya dia harus di tilang.

Hasil dari operasi pengesahan STNK ini, ada 37 kendaraan di Tilang tapi hampir separuhnya ada yang belum membayar pajak dan 10 diantaranya sudah membayar pajak, jelas Eling.

Tim pengawas Sudinhub Jak-Bar, Agus Kamil menambahkan, dalam operasi ini turut terjaring, Iklan berjalan pada kendaraan Roda Dua, secara kebijakan, Iklan berjalan hanya baru kendaraan Roda Empat saja yang mendapatkan izin dan kewenangannya ada di Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta dan BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) serta pihak terkait lainnya akan perihal tersebut,”ucapnya.

Sedangkan untuk Reklame Iklan berjalan pada kendaaan roda dua setahunya belum ada aturannya dan seharusnya hal tersebut diperlukan ada uji kelaikan, uji type dan perizinan lainnya dan harus ada pengkajian lebih lanjut.

Dengan terjaringnya reklame iklan berjalan kendaraan roda dua, Agus berharap pihak kepolisian bisa melakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku.

Dalam Operasi pengesahan STNK ini Dinas perhubungan Jak-Bar menertibkan 23 Kendaraan, 3 kendaraan di Stop Operasi dan 20 di BAP (tilang),” tutup Agus.

 

 

Reporter : Sagala

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *