Arti dari FKPM dan Cakrawala Byangkara

  • Whatsapp
Pengurus FKPM/Cakra pokdar Kamtibmas Jawa Barat Tubagus Doni Rasmayuningrat

MITRAPOL.com, Sukabumi – Pengurus FKPM/Cakra pokdar Kamtibmas Jawa Barat Tubagus Doni Rasmayuningrat menjelaskan”Apa bedanya FKPM dan Cakrawaka Bhayangkara (Cakra) PokdarKamtibmas.

Doni menjelaskan, kedua-duanya bukan Ormas, bukan LSM, Bukan OKP bukan organisasi sederajatnya, akan tetapi FKPM dan Cakra Pokdar Kamtibmas Organisasi/wadah yang di bentuk oleh Mabes Polri dalam hal ini termaksud dalam Skep Kapolri : 431 – 432/VII/2005. 13 Oktober 2005, untuk FKPM.

Sedangkan Pokdar Kamtibmas legalitas Skep Kapolri : 831/XI/2005, 25 November 2005.

Lanjut Doni, dalam hal tugas operasional kedua-dianya sangatlah berbeda, FKPM adalah Wahana penyelesaian masalah Tindak Pidana Ringan (Tipiring )

Sementara, Pokdar Kamtibmas adalah sebuah wadah dengan tugas operasional yang sangat luas, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya, Harkamtibmas,Giat berupa, Pengaturan Lalin, Penjagaan, Pengawalan, Patroli, Dll.

Lebih pada tugas operasional lapangan bekerja sama dengan unit jajaran lain di kepolisian.

Demikian info singkat perbedaan antara FKPM dan Pokdar Kamtibmas.

Untuk diketahui berikut nama-nama FKPM dibeberapa wilayah :
– Jawa Barat, FKPM Lodaya
– Semarang : FKPM Triniti
– Bali : Pecalang.

Sementara nama Pokdar Kamtibmas Polda Jawa Barat : CAK rawala Bhayangka RA disingkat : CAKRA (Cakra Pokdar Kamtibmas Polda Jawa Barat).
Contoh lain, nama Pokdar Kamtibmas di Polda Metro Jaya : CIT ra Bhayangka RA (Citra Bhayangkara Pokdar Kamtibmas Polda Metro Jaya).

Pengurus pokdar kamtibmas Jawa Barat bekerja sama dengan aplikasi anak bangsa INDO VWT di C522 dimana Jajaran kegiatan harian melaksanakan Apel Pagi dan malam, dan masing-masing jajaran melaporkan situasi kondisi di Rawan pagi, Siang maupun malam, dengan sandi, Salam Cakrawala yang jawabannya Bhayangkara

Pengurus FKPM/Cakra pokdar kamtibmas mengajak dan membangun kemitraan yang sejati dan utuh dengan jajaran Kepolisian, Aparatur Pemerintah Daerah dan Lapisan/ Komponen Masyarakat dalam menciptakan kondusifitas keamannan lingkungan, mari kita wujudkan dan tingkatkan Harkamtibmas agar Jawa barat tetap aman kondusif, pungkas Tubagus Doni Rasmayuningrat.

 

 

Reporter : Barkah

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *