Ratusan warga terjaring Operasi Pencegahan TKI non Prosedural

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kepala BPN3TKI Nunukan AKBP Hotma Viktor Sihombing didampingi jajaran Polres Nunukan, Kodim Nunukan, Lanal Nunukan Imigrasi dan Capil serta Dinas Tenaga Kerja juga LSM menggelar operasi gabungan Pencegahan TKI non Prosedural. Jumat (27/12).

Sebelum melakukan operasi tim gabungan melaksanakan rapat kordinasi agar operasi pencegahan bisa optimal. Tim gabungan menyepakati melaksanakan operasi pencegahan di Pelabuhan-pelabuhan Tikus seperti Haji Putri, Sungai Bolong, Yamaker, dan Pelabuhan Kandang Babi.

Tim sepakat untuk lebih Efektifnya dilakukan pemeriksaan di Pelabuhan Tunon Taka. Upaya pencegahan di pelabuhan Tunon Taka itu memang ada yang pro dan kontra.

Setiap penumpang turun dari kapal kita akan Periksa Pelabuhan-pelabuhan di Sebatik dipancang Lalesalo maupun di Haji kuning Ada personil yang kita siapkan.

Dalam pencegahan itu dengan satu pintu yang penduduk nunukan dan memang punya identidtas nunukan silahkan jalan

Kalau itu mereka Punya Visa kerja, Malaysia kami juga lepas, Perjalanan masyarakat yang dari penumpang ini yang tidak jelas dan mau kemana Siapa yang bertanggung jawab itulah kami kirim ke rusunawa.

Kalau keluarganya mau mengambil yang terjaring cari hanya berkunjung ke keluarga alasannya ada keluarga yang menikah, ada yang memang kunjungan keluarga sakit kan lepas.

Penjaminan tentunya kami melepas bukan lepas begitu saja kami selidiki Apakah benar dia bekerja di dan Siapa yang bertanggung jawab kerja dimana?

Kemudian ada yang bekerja di Rumah makan dan ada juga tenaga pekerja rumput laut kami juga lepas.

Saat mereka terjaring banyak yang menangis takut dipenjara dan kita suruh mereka buat surat Pernyataan mereka mau ke luar negeri untuk bekerja.

Jadi TKI yang terjaring Operasi kita arahkan agar mengurus dokumen tidak punya dokumen langkah yang dilakukan dalam untuk mengurus.

Buat penyelenggara ini minta surat pindah dari kampung ke sini tidak susah kata Abain saat memberikan keterangan kepada wartawan

Ternyata dari mereka yang tidak jelas kemana ini siapa keluarganya dan hasil pendataan Kami memang mereka mau nyebrang akhirnya mereka memilih untuk pulang ke kampung halamannya yang kami pulang kan dengan biaya dan untuk pemulangan kemarin semuanya BP3TKI yang menanggung dan membantu untuk kepulangan kedaeral asal mereka.

Dalam operasi gabungan ini Tim berhasil menjaring Ratusan TKI non Prosedural, dari hasil pendataan operas gabungan ini didapatkan hasil sebagai berikut, dari hasil operasi yang dilakukan, dari 64 orang yang diperiksa, yang betul-betul mau ke Malaysia hanya 7 orang.

Dari 160 orang yang dibawa ke Rusunawa, kami pilah-pilah lagi ternyata tinggal 30 yang memang tidak mempunya identitas dan mau ke Malaysia yang lainya diambil keluarganya.

 

 

Reporter : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *