Kapolda Lampung pimpin Konferensi Pers Akhir Tahun 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung – Sepanjang tahun 2019, Polda Lampung berhasil mengungkap tindak pidana kriminalitas dengan jumlah tindak pidana kasus konvensional sebanyak 6.685 kasus dengan tindak penyelesaian sebanyak 4.807 kasus (Polda Lampung dan Jajaran menyelesaikan perkara sebanyak 71,90 %) jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ini mengalami penurunan dimana tahun 2018 sebanyak 7.440 kasus, dengan penyelesaian perkara 5.288 kasus.

Tindak pidana kasus menonjol (curat, curas, curas, curanmor, anirat dan pembunuhan) sebanyak 2.759 kasus dengan tindak penyelesaian sebanyak 1.806 kasus (Polda Lampung dan Jajaran menyelesaikan perkara sebanyak 65,43 %) jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ini mengalami penurunan dimana tahun 2018 sebanyak 3.080 kasus, dengan penyelesaian perkara 1.987 kasus.

“Pencurian dengan pemberatan sebanyak 1.197 perkara, pencurian dengan kekerasan sebanyak 436 perkara dan tindak pidana anirat sebanyak 108 perkara.”Kata Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., didampingi Dirreskrimum Polda Lampung Kombes Barly dan Kabidhumas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., saat Konferensi Pers Akhir Tahun 2019 Polda Lampung.

“Kami juga mencatat kejahatan kekayaan negara dan tindak pidana khusus, sepanjang tahun 2019 ini berupa kejahatan hak cipta ada satu kasus dan sudah terselesaikan. Sedangkan kejahatan pangan ada 6 kasus dan sudah terselesaikan. Ada juga kasus perlindungan konsumen ada 4 kasus, serta Migas 4 kasus,” ujar Purwadi.

Ada juga kejahatan sistem budidaya tanaman 2 kasus, illegal mining 9 kasus, illegal loging 9 kasus, pengelolaan lingkungan hidup 2 kasus, korupsi 24 kasus, uang palsu 4 kasus, perikanan 14 kasus, perdagangan orang 1 kasus, pembalakan liar 2 kasus, metrologi legal 2 kasus, administrasi kependudukan 2 kasus, kebakaran hutan 5 kasus, dan pendidikan 2 kasus.

Ungkap tindak pidana narkoba sebanyak 1.693 perkara, penegakan hukum di wilayah perairan dan sar di wilayah perairan hukum Polda Lampung sebanyak 32 kasus oleh Ditpolairud Polda Lampung dan Jajaran serta 4 kasus oleh kapal Polisi Baharkam.

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, Polri telah berupaya secara maksimal melakukan tugas pokoknya dalam memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan, harkamtibmas dan penegakan hukum.

 

 

Reporter : Deni Andestia/Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *