Target Kominfo Halteng, pertengahan 2020 wilayah Patani bisa nikmati 4G

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kominfo Halmahera Tengah, Sahabuddin Karim.

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara menargetkan aksesibilitas telekomunikasi akan merata diseluruh wilayah Patani pada tahun 2020 ini.

Pemerintah Daerah (Pemda) Halteng melalui Diskominfo telah menyediakan anggaran sebesar Rp 7 Miliar lebih untuk pembangunan dua Base Transceiver Station (BTS) di Kecamatan Patani dan Patani Barat.

Kepala Dinas Kominfo Halteng, Sahabuddin Karim mengatakan, Dua menara telekomunikasi yang akan dibangun Pemda Halteng ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Anggaaran dua menara tersebut telah diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halteng dan sudah disepakati. “Sudah final tinggal melakukan pelelangan,” katanya.

“BTS atau menara telekomunikasi ini akan dibangun sebagai upaya membuka keterisolasian di daerah Patani yang belum terkoneksi jaringan telekomunikasi (Internet),” ungkapnya, Senin (13/1/2020).

Rencana pembangunan BTS di Kecamatan Patani Barat memiliki ketinggian kurang lebih 72 meter dan akan menelan anggaran sebesar Rp 2,6 Miliar.

Sedangkan BTS yang di Kecamatan Patani memiliki ketinggian 92 meter, dengan nominal anggaran Rp 4,3 Miliar.

“Kenapa anggaran BTS yang di Patani lebih besar, karena sudah termasuk degan penambahan alat atau perangkat di tower yang lama. Dipikirakan kekuatan sinyalnya sampai di Wayamli (Haltim),” jelas Sahabuddin.

Sahabuddin berharap kepada masyarakat Patani, Patani Barat, Utara dan Timur untuk selalu bersabar, sebab dipertengahan 2020 Forji (4G) sudah bisa di akses.

 

 

Reporter : Sahwan

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *