Pemilik Dump Truk kecewa dengan aturan Uji Kir

by -59 views

MITRAPOL.com, Lebak – Pelayanan Dinas Perhubungan (Dishub) Lebak membingungkan
sejumlah pemilik kendaraan Truk Jungkit atau Pembuang (Dump Truck) dengan adanya aturan batas maksimal Dimensi Bak Truk 70 Cm.

Salah seorang pemilik Dump Truk, Madkaris warga Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengaku bingung dengan penerapan aturan batas makismal Dimensi Bak Truk yang ditetapkan oleh Dishub Lebak.

“Dump Truk dinyatakan tidak lulus uji jika dimensi bak truk melebihi 70 centimeter. Karena aturan itu, banyak Dump Truk yang tak lolos Uji Kir gara-gara dimensi bak melebihi 70 centimeter,” kata Madkaris, Senin (13/1/2020).

Menurut dia, aturan itu tentu menyulitkan para pengusaha Truk seperti dirinya. Karena, banyak truk yang tak lolos uji KIR tersebut. Padahal, Dump Truk tentu telah melewati uji mutu Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) menyangkut dimensi keseluruhan kendaraan.

“Kalau memang itu tidak sesuai jangan dikeluarkan uji mutunya dong. Perlu diketahui kendaraan Dump Truck di wilayah Lebak banyak yang dimensi baknya melebihi 70 centimeter. Apakah kendaraan yang sudah beroperasi itu lolos uji KIR?,” katanya.

Dishub Kabupaten Lebak

Jangan sampai ada permainandi Dishub Lebak dalam mengeluarkan Uji KIR, atau bahkan tebang pilih terhadap kendaraan yang mengajukan uji KIR, khususnya Dump Truck.

“Kami minta Dishub Lebak memeriksa ulang kendaraan, khususnya Dump Truck yang sudah dinyatakan lolos uji KIR. Jika tidak sesuai, tolong jangan dikeluarkan buku KIR-nya. Karena, kami yakin banyak kendaraan Dump Truck yang dinyatakan lolos dengan dimensi baknya lebih dari 79 centimeter,” imbuhnya..

 

 

Reporter : Miana Putri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *