Repdem PDIP bakal laporkan media rmol.id ke Dewan Pers

by -215 views

MITRAPOL.com, Banten – Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) selaku sayap dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP. Dikabarkan bakal melaporkan salahsatu media online (rmol.id-RED) ke Kantor Dewan Pers di Jl Kebon Sirih No.32-34 Gambir Jakarta Pusat Pada, Rabu 15 Januari 2020 mendatang.

Menurut informasi yang dihimpun mitrapol.com melalui terusan pesan Aplikasi WhatsApp dari salahsatu Ketua Ranting PDIP di Wilayah PAC Pondok Aren-Tangsel, Toebagus Dedi Wahyudi, menurut dia, Rencana untuk melapor ke Dewan Pers ini dilatarbelakangi dengan adanya pemberitaan pada portal media rmol.id yang menyangkut nama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto.

Untuk diketahui, media rmol.id telah menayangkan berita berjudul “Saeful Bahri akui duit suap untuk Komisioner KPU Berasal dari Hasto,” berita tersebut ditayangkan pada 10 Januari 2020. Kata Dedi lagi, Pemberitaan rmol.id ini juga dinilai tendensius dan terkesan menggiring opini serta tidak memberikan edukasi faktual terhadap publik.

Atas hal itu, Repdem PDI Perjuangan merasa geram dan tidak serta merta menerima pemberitaan yang bersifat miring’ lalu akan melaporkan media tersebut ke pihak Dewan Pers.

“Kita anggap ini tidak sesuai kaidah jurnalistik,” tukas Dedi Wahyudi

Begitupula Ketua DPN Bidang Hukum Repdem Fajri Syafii menuturkan, dirinya bakal melakukan somasi atas berita miring yang di muat rmol.id. menurut Fajri, Pemberitaan itu dianggap telah melanggar Pasal 5 UU No: 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan kode etik jurnalistik.

“Pemberitaan yang dibuat media rmol.id jelas melanggar kode etik karena telah memberitakan hal yang masih mentah, belum tentu kebenarannya, apalagi tanpa melakukan konfirmasi lebih awal dari berbagai sumber agar informasinya berimbang, maka kami harus cari ruang hak jawab untuk klarifikasi,” ungkap Fajri dalam isi pesan tersebut.

Fajri menegaskan, oleh sebab itu, demi terciptanya kebenaran dan keadilan agar masyarakat umum tidak keliru dan salah persepsi akibat pemberitaan miring, maka dirinya akan melakukan Konferensi Pers sekaligus melaporkan media yang dianggap telah abai terhadap kode etik.

“Berita itu diduga merupakan perbuatan pidana sebagaimana yg dimaksud dalam Pasal 18 ayat (2) UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers maka kami akan melaporkan perbuatan tersebut ke pihak Kepolisia Dewan Pers,” tegasnya.

Sementara Sekjen DPN Repdem, Wanto Sugito, menyayangkan media rmol.id atas pemberitaan tersebut, Wanto berharap, supaya media seutuhnya mampu menjadi pilar ke 4 di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

 

Reporter : Ubay Pol

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *