Desa Suka Maju miliki potensi di sektor pertanian, butuh campur tangan pemda setempat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Ketapang – Kementerian Pertanian (Kementan) melirik potensi lahan rawa untuk memenuhi kebutuhan pangan ditengah alih fungsi lahan.

Berdasarkan data Badan Litbang Pertanian Kementan, potensi lahan rawa untuk pertanian mencapai 9,9 juta hektare (ha). Angka tersebut tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan total lahan sawah yang digarap petani di seluruh Indonesia seluas 12,65 juta ha.

Muat Lebih

“Jadi sudah sepatutnya kita mulai mengelola lahan rawa dengan baik dan perlu kerjasama pemerintah daerah setempat untuk ikut serta mendukung dan mengelolanya. Dalam hal ini masyarakat Desa Suka Maju yang diwakili mantan kepala desa Sukamaju Kecamatan, Muara Pawan, kabupaten Ketapang, sangat mengharapkan perhatian serius kepada pemerintah derah khusus Ketapang , provinsi dan pusat, di Sektor Pertanian di Desa Suka Maju Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang,” ujar Mantan Kades Desa Sukamaju, Saiful, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, dipandang salah satunya desa Sukamaju memiliki potensi di dalam sektor pertanian agar bisa menghasilkan kebutuhan pangan yang lebih dari mencukupi dan lebih berkembang.

“Sejak tahun 2015 di sektor pertanian pernah menghasilkan 6 ton panen padi dengan mengarap lahan seluas 1 hektar, sementara besar luas lahan yang memilikki potensi di desa kita seluas 4789 ha, dan lahan seluas ini sangat memilikki potensi yang butuh dukungan daerah pemerintah daerah, karena kita sudah ketahui dan alami di masa saya menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Sukamaju Ketapang Kalbar,” terangnya.

Saiful sangat menyayangkan jika sektor pertanian yang kita milikki kurang perhatian dari pemerintah dalam arti kurang campur tangan penuh, Saya berharap dengan melalui pemberitaan ini, sekira nya dapat respon positif dari pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Perkebunan Kabupaten Ketapang,” ucapnya kepada wartawan.

“Kalau diperhatikan lagi area lahan yang memilikki potensi lebih, dikarenakan hasil produksi pertanian di wilayah kita, diharap perlu ada wadah untuk hasil tani, supaya jangka panjang dapat memberi penyemangat bagi para petani mengembangkan di sektor pertanian di berbagai wilayah yang sudah menjadi prioritas. tambahnya saat di wawancarai Tim Mitrapol,saat di kediaman nya belum lama ini.

(Roy/Ridwan)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *