Uang Desa Masure ratusan juta Hangus terbakar, polisi lakukan penyelidikan

  • Whatsapp
Kondisi Rumah Kades Masure saat ini masih dipasang garis polisi.

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Lemari plastik milik Buang Samiun Kepala Desa Masure, Kecamatan Patani Timur, Halmahera Tengah, Maluku Utara, terbakar pada Rabu (15/1/2020) pukul 16.00 wit kemarin.

Didalam lemari plastik terdapat uang tunai sebesar Rp 4 ratus juta lebih, serta sejumlah dokumen penting milik Desa Masure.

Buang mengakui uang tersebut adalah Alokasi Dana Desa (ADD) tahap Dua dan Tiga tahun 2019 yang sengaja dia amankan dalam lemari plastik miliknya.

“Itu adalah uang Desa yang saya taruh dalam kontong plastik warna hitam, kemudian di isi didalam tas Laptop. Posisi uang dalam lemari bagian bawah, di tutup dengan sejumlah baju,” katanya saat ditemui Mitrapol, Kamis (16/1/2020) di Masure.

Dikonfirmasi soal penyebab kebakaran, Buang mengaku bahwa api berasal dari kosleting listrik di atas lemari plastik tempat ia menyimpan uang.

Saat ini tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Halmahera Tengah sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah Kades Masure.

Kondisi Rumah Kades Masure saat ini masih dipasang garis Polisi.

Untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran yang menyebabkan uang Desa Masure hangus tanpa bekas ini, Polres Halteng mendatangkan ahli forensik dari Makassar.

“Mereka datang untuk identifikasi penyebab kebakaran bukan Identifikasi uang Kades,” singkat Kapolres Halteng, AKBP Nico A Setiawan, Sabtu (18/1/2020) lewat via Whatsapp.

Untuk diketahui, saat terjadi kebakaran Buang bersama Istri tak berada di TKP. Sebelum meninggalkan rumah, Buang memastikan kondisi uang dan rumahnya dalam keadaan aman.

Siapa sangka, berselang beberapa menit Buang meninggalkan rumah ke Kantor Desa, dirinya mendengar teriakan dan suara tiang listrik pertanda telah terjadi kebakaran di kediamannya.

Sesampainya di sana, dirinya melihat sekelompok orang tengah melakukan pemadaman api di kamar miliknya. Sempat ia mengingatkan bahwa ada uang didalam lemari yang hangus.

Setelah itu, ia pingsan selama sejam tanpa mengetahui apa yang terjadi selanjutnya. Dan saat sadar, Buang melihat lemari dan uangnya ludes termakan api.

Meski begitu, sejumlah dokumen milik Desa dan beberapa pakaian milik mereka masih ada yang tersisa. Tak ada korban jiwa, hanya saja satu buah lemari plastik yang konon katanya berisi uang itu sudah dalam kondisi yang tak utuh.

(Sahwan)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *